Search This Blog:

Select Language To Translate Articles Here:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tuesday, November 19, 2019

Review Resensi Sinopsis Film Ford V Ferrari Kisah Nyata Dunia Balap Di Tengah Persaingan Bisnis Otomotif Raksasa

Ford V Ferrari

Film Ford V Ferrari mengisahkan persaingan antara dua raksasa otomotif , yaitu Ford Motor Company dari Amerika milik Henry Ford II dengan Ferrari dari Italia milik Enzo Ferrari dengan dibumbui kisah nyata bagaimana perjuangan Carroll Shelby, seorang Pembalap Mobil yang berhasil memenangkan Turnamen Balap 24 jam di Sirkuit Le Mans, Prancis pada tahun 1959, yang terpaksa harus pensiun dini dari dunia balap karena mengalami gangguan jantung akibat kecelakaan dalam turnamen balap, dalam usahanya merintis Shelby America, sebuah perusahaan perancangan dan manufaktur mobil balap miliknya.

Film ini juga menampilkan kisah nyata perjuangan Ken Miles, seorang Pembalap dan Mekanik dari Inggris dalam usahanya untuk memenangkan turnamen balap 24 jam Le Mans pada tahun 1966.

Shelby dan Miles bekerja sama merancang dan bereksperimen untuk menciptakan mobil balap terkuat dan tercepat untuk Ford Motor Company demi memenangkan turnamen balap Le Mans di Prancis. 
 

Ford Motor Company gagal membeli perusahaan Ferrari dalam usaha ekspansinya, karena itu sang CEO, Heny Ford II memutuskan untuk memproduksi mobil balap sendiri yang bisa mengungguli Ferrari di arena balap, yang selama ini selalu dimenangkan dan didominasi oleh Pembalap Ferrari. Sebagai ajang uji coba, mereka memilih sirkuit Le Mans sebagai ajang pertarungan. Seperti diketahui, bahwa Turnamen Balap Mobil 24 jam Le Mans adalah lomba balap mobil ketahanan fisik yang menguji ketahanan fisik dari para Pembalapnya dan kekuatan mesin dari mobil balapnya yang harus membalap selama 24 jam di sepanjang sirkuit Le Mans, Prancis.

Ford memutuskan untuk merekrut Perancang, Engineer dan Pembalap terhebat pada masa itu. Pilihan jatuh pada Shelby yang kemudian merekomendasikan Miles pada Ford sebagai Pembalapnya.
 

Mampukah Ford mengungguli Ferrari? Mampukah Shelby membuat mobil balap terkuat dan tercepat? Berhasilkah Miles memenangkan turnamen balap Le Mans?

Untuk mengetahui jawabannya, Anda harus menyaksikan filmnya sendiri yang sudah beredar di bioskop !

Ford V Ferrari adalah film drama bertema sport tentang turnamen balap mobil yang diadaptasi dari kisah nyata kehidupan mantan pembalap, Carroll Shelby yang kemudian banting setir menjadi Pengusaha dan Desainer Mobil Balap Visioner tahun 1960-an dan Ken Miles, Pembalap asal Inggris yang kaku dan temperamental sekaligus juga seorang mekanik yang hebat. 
 

Film dengan tema sport tentang balapan mobil jarang dibuat oleh studio Hollywood, mungkin karena pembalap Amerika jarang yang berjaya di formula satu. Film bertema sport yang dibuat oleh Hollywood lebih banyak tentang baseball, softball, berkuda, tinju, balap sepeda, atletik, dsb. Karena olahraga-olahraga ini memang lebih populer di Amerika. 

Tercatat ada satu film bertema balapan mobil yang pernah dibuat Hollywood pada tahun 2013, yaitu film Rush, yang dibintangi oleh Chris Hemsworth dan Daniel Bruhl yang disutradarai oleh Ron Howard. Film ini menceritakan kisah nyata persaingan antara dua pembalap mobil Formula Satu, yaitu Niki Lauda dan James Hunt. Film ini cukup bagus. Sewaktu ditayangkan, film ini meraih pendapatan box offfice lebih dari USD 92 juta. Sebuah hasil yang cukup lumayan untuk sebuah film bertema sport. Selain film ini, belum ada lagi film bertema balap mobil yang dibuat  dan sukses di box office setelah itu.
Duet Christian Bale Dan Matt Damon Dalam Ford V Ferrari

Ford V Ferrari disutradarai oleh James Mangold, Sutradara film dan televisi Amerika yang juga Penulis Skenario dan Produser Film. James dikenal lewat film-filmnya, antara lain Logan, Cop Land, Girl, Interrupted, Kate & Leopold, dsb. Selain bertindak sebagai Sutradara, James juga terlibat sebagai salah seorang Produser dari film ini.

Selain James Mangold, Peter Chernin dan Jenno Topping juga bertindak sebagai Produser di bawah bendera Studio Chernin Entertainment, TSG Entertainment dan Turnpike Films. Studio 20th Century Fox bertindak sebagai Distributor dari film ini. Film ini menghabiskan bujet produksi sebesar USD 97 juta.

Skenario film ini ditulis oleh Jez Butterworth, John-Henry Butterworth dan Jason Keller berdasarkan kisah nyata kehidupan Carroll Shelby dan Ken Miles.
 
Pengambilan gambar film ini dimulai pada akhir bulan Juli 2018 dan berakhir pada bulan Oktober 2018. Shooting dilakukan di California, New Orleans, Louisiana, Atlanta, Savannah, Statesboro, Georgia dan Le Mans, Prancis.

Rencana semula skenario dibuat untuk dimainkan oleh pasangan Aktor Tom Cruise dan Brad Pitt, akan tetapi gagal terwujud. Akhirnya Duet pasangan Aktor pemenang Academy Awards, Matt Damon dan Christian Bale yang mengambil alih peran ini.

Para pemain di film ini, antara lain:
 
Matt Damon Sbg Carroll Shelby

Matt Damon sebagai Carroll Shelby, Desainer dan insinyur otomotif yang mantan pembalap. Damon adalah Aktor, Penulis Skenario dan Produser serta pemenang Piala Oscar untuk Penulis Skenario Terbaik tahun 1998 dan Aktor Terbaik Golden Globe Awards tahun 2016. Film-film Damon yang terkenal, antara lain Good Will Hunting, Saving Private Ryan, The Talented Mr. Ripley, The Departed, Franchise The Bourne Series, Franchise The Ocean’s Series, The Martian, dsb.

Baca juga profil dari Matt Damon di sini:
Profil Matt Damon: Aktor Pemeran Franchise Film The Bourne Series 
 
Christian Bale Sbg Ken Miles

Christian Bale sebagai Ken Miles, Pembalap Mobil profesional dari Inggris. Bale adalah Aktor Inggris pemenang Piala Oscar untuk Aktor Pendukung Terbaik tahun 2011 dan pemenang Aktor Pendukung Terbaik Golden Globe Awards tahun 2011 serta pemenang Aktor Terbaik Golden Globe Awards tahun 2019. Film-film Bale yang terkenal, antara lain American Psycho, Batman Begins, The Dark Knight, The Dark Knight Rises, Terminator Salvation, The Fighter, American Hustle, dsb.

Baca juga profil Christian Bale di sini:
Profil Christian Bale: Aktor Pemeran Batman Yang Kharismatik

Jon Bernthal sebagai Lee Iacocca, Vice President dari Ford Motor Company. Jon dikenal lewat serial The Walking Dead dan serial The Punisher, dsb.

Caitriona Balfe sebagai Mollie Miles, Istri dari Ken Miles. Balfe adalah Aktris Inggris dan Mantan Model yang dikenal lewat serial Outlander.

Tracy Letts sebagai Henry Ford II, CEO dari Ford Motor Company. Tracy dikenal lewat film The Lovers, Lady Bird dan The Post.

Josh Lucas sebagai Leo Beebe, Senior Executive Vice President dari Ford Motor Company. Josh dikenal lewat film A Beautiful Mind, Hulk,  Poseidon, J-Edgar, dsb.

Noah Jupe sebagai Peter Miles, Putra dari Ken Miles. Noah adalah Aktor Remaja dari Inggris yang dikenal lewat serial The Night Manager, film horor A Quiet Place, Wonder, dsb.

Remo Girone sebagai Enzo Ferrari, Bos Produsen mobil balap Ferrari. Remo adalah Aktor Film dari Italia.

Mobil Balap Ford

Menarik menyaksikan permainan dua orang Aktor kaliber Oscar di dalam satu film. Damon dan Bale adalah dua orang Aktor yang bukan hanya bisa bermain di film aksi, melainkan juga bagus bermain di film drama, keduanya adalah Aktor Watak.

Penunjukan Bale sebagai pemeran Ken Miles, dari segi wajah cukup mirip dengan Ken Miles yang asli. Di film ini Bale sepertinya menguruskan badannya. Karena di film ini Ia terlihat agak kurus dengan pipi yang cekung. Dulu sewaktu bermain di film American Hustle, Bale juga menggemukkan badannya secara kontroversial dan mengubah penampilannya secara drastis sampai orang-orang pangling dengan penampilan barunya dan hampir-hampir tidak mengenali dirinya lagi. Akting Bale sebagai Ken Miles cukup baik, setidak-tidaknya Ia mampu melukiskan Ken Miles sebagai seorang Pembalap dan Mekanik yang lihai, namun berwatak temperamental, kaku dan  sulit kompromi.

Sedangkan Damon berhasil menghidupkan Carroll Shelby yang berani, tegas dan berintegritas.
 
Mobil Balap Ferrari

Adegan-adegan aksi balapan mobil digambarkan dengan cukup mendetil di sepanjang film, sehingga para penonton awam yang tidak paham dunia balapan bisa sedikit memahami dan merasakan saat-saat menegangkan yang dialami oleh seorang Pembalap di balik kemudinya. Adegan balapan digarap cukup seru dan menegangkan.

Alur film runtun dan jalan ceritanya mudah diikuti dengan penggambaran karakter utamanya yang cukup jelas, sehingga penonton tidak perlu meraba-raba dan bertanya-tanya, karena dalam durasi film sepanjang dua setengah jam ini, semuanya sudah diceritakan dengan jelas. Film ini memang film drama, akan tetapi bukan film drama yang membosankan. Dialog-dialog dalam film ini cukup dan tidak terlalu berlebihan.

Sutradara James Mangold sudah berhasil mengadaptasi sebuah kisah nyata dunia balap mobil yang indah di balik persaingan bisnis dunia otomotif yang keras, licik dan tak beretika. Pujian untuk Mangold untuk karyanya ini. Sebuah film drama sport yang menarik, komplit, menghibur dengan kisah yang kelam.

Situs Rotten Tomatoes memberikan rating 92% untuk film ini, dengan review bagus untuk penampilan kedua orang Aktor Utamanya, sekaligus juga filmnya sebagai salah satu film sport terbaik yang pernah dibuat oleh Hollywood.

Jadi bagi para penggemar film sport, jangan sampai melewatkan film ini !
 
Note:
 
Sumber Foto: https://sogou.com


***********


Review : ****



Parameter Review:

*****     : Hebat
****       : Bagus
***         : Menarik
**           : Biasa-biasa saja
*             : Jelek










No comments:

Post a Comment