Search This Blog:

Select Language To Translate Articles Here:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Friday, April 5, 2024

Sekilas Tentang Drama Cloudy Stream 云之溪

Drama Cloudy Stream ini adalah drama Haidao yang gagal tayang atau tidak tayang sampai selesai di platform Kuaidian 快点Watch pada tahun 2021 lalu.


Sempat tayang sejumlah episode di Kuaidian Watch, sebelum akhirnya di-take down dari platform tersebut. Sayang sekali memang, padahal drama ini sudah terlanjur dibuat sampai dengan season 2. Sia-sia memang usaha Haidao, karena dramanya jadi gagal tayang.


Apa penyebabnya sampai di take down dari platform tersebut? Tidak ada konfirmasi secara resmi dari kedua belah pihak, baik itu dari pihak platform, maupun dari pihak Zhang Zhi Wei 张之微 (Haidao 海导) sebagai sutradaranya.


Menurut pengamatanku sih penyebab dari drama ini di take down adalah karena kontennya dianggap sensitif.


Sensitifnya di mana?


Mungkin karena Haidao membuat latar belakang ceritanya berlangsung di sebuah sekolah. Lebih jelasnya adalah sebuah kisah cinta segitiga di antara sesama jenis yang terjadi atau berlangsung di sebuah lembaga pendidikan. Cerita seperti ini dianggap tabu, karena mencemarkan nama baik dari lembaga pendidikan.


Segitu sensitifkah?


Iya, karena ini adalah sebuah drama yang dibuat di China. Di China itu nasionalismenya teramat sangat kuat.


Di sana reputasi dari sebuah lembaga pendidikan tidak boleh sampai tercoreng dan harus senantiasa bersih dan bagus.


Jadi kisah tentang sesama cewe berpacaran di sekolah yah otomatis dianggap kontroversial. Jadi dikhawatirkan akan membawa dampak buruk dan mencemarkan nama dan reputasi dari lembaga pendidikan, dalam hal ini sekolah.


Mungkin kalau latar belakang ceritanya tidak berlangsung di sebuah sekolah, bisa jadi drama ini boleh ditayangkan sampai selesai dan tidak akan dipermasalahkan.


Tapi, ya sudah, nasi sudah menjadi bubur. Mestinya hal ini bisa dijadikan sebagai sebuah pembelajaran bagi Haidao, untuk selanjutnya jangan membuat lagi kisah cinta di antara sesama cewe yang berlangsung di sekolah.


Tapi kelihatannya hal ini tetap lolos dari pengamatan Haidao. Karena 2 tahun kemudian, peristiwa yang sama terulang kembali dan menimpa dramanya yang berikutnya, yaitu The Lost World 夏夜知道风的甜.


Nasib drama ini sami mawon dengan Cloudy Stream, drama ini juga di take down setelah penayangannya selesai di platform Kuaishou 快手.


Penyebabnya sama, yaitu kisah percintaan di antara sesama jenis yang berlangsung di sebuah perguruan tinggi. Sekolah dan perguruan tinggi itu sama-sama adalah lembaga pendidikan, jadi dianggap mencoreng reputasi dari lembaga pendidikan.


Apalagi di dalam lembaga pendidikan tersebut berlangsung banyak tindak pidana kekerasan, seperti misalnya percobaan pembunuhan dan pelecehan, di samping penyebaran hoaks, fitnah-memfitnah, hubungan intim bebas dan tindakan bully-mem-bully yang terjadi di antara siswa. Jadi memang sangat kontroversial, sehingga banyak yang protes dan pada akhirnya kena di take down dari platform.


Jadi bagi Haidao, peristiwa dramanya kena di-take down ini sudah terjadi 2 kali selama karirnya sebagai sutradara. Jadi seharusnya dia mesti lebih berhati-hati lagi di dalam membuat drama. Apalagi drama yang dia buat itu kebanyakan adalah drama GL. Sudah tentu akan dianggap lebih sensitif.


Oke, kembali lagi ke pembahasan awal. Jadi Cloudy Stream ini sudah sempat dibuat 2 season. Setelah di take down, drama ini gak ditayangkan lagi di mana-mana.


Entahlah bagaimana nasib dari drama ini selanjutnya. Haidao pernah mengutarakan kepada fans bahwa, ia sempat berpikir untuk meng-upload Cloudy Stream di Weibo agar para fans bisa menonton drama ini. Tapi sampai sekarang ia juga gak melakukannya, entah apa sebabnya. Apa dia takut kena diblokir oleh pihak Weibo?


Sewaktu Cloudy Stream Season 2 sedang syuting, pihak investor yang membiayai drama ini akhirnya menarik diri, dan akhirnya Haidao terpaksa mengeluarkan dana dari koceknya sendiri untuk membiayai kelanjutan produksi dari drama ini. Karena sudah terlanjur berjalan, dan gak mungkin drama ini berhenti di tengah jalan.


Jadi yah hal ini tentu merupakan kerugian besar bagi dirinya, karena pada akhirnya dramanya tetap gagal tayang. Jangankan mendapat untung, modal yang sudah ia keluarkan pun tidak balik modal. Kasihan juga yah dia!


Fans Yun Ze banyak yang belum sempat menonton drama ini dan masih berharap bisa menontonnya di platform lain. Demikian juga bagi para fans internasional yang tahu tentang drama ini juga berharap bisa menontonnya pada suatu saat.


Tapi apakah bisa terwujud keinginan mereka ini? Entahlah...!


Oke, di bawah ini sedikit informasi tentang alur cerita dari drama ini yang aku kumpulkan dari semua sumber:


JUDUL:

CLOUDY STREAM – 云之溪 (Yun Zhi Xi).

Tahun: 2021 (Season 1).

Tahun: 2022 (Season 2).

Jenis: Drama Pendek.

Genre: Drama Modern Fantasi Romance.

Tayang Di: Kuaidian 快点 Watch.

Bisa Ditonton Di: Gagal Tayang.

Jumlah Episode Season 1 & Season 2: Tidak Diketahui.

Durasi Per Episode: Tidak Diketahui.

Sutradara: Zhang Zhi Wei 张之微.


Pemain:

Wang Lao Ji 王老吉/Wang Xue Xi 王学习 sebagai Yun Mo.


Yu Zi Xuan 余籽 sebagai Li Yue Xi.


Mao Xiang Lin 毛香淋/Shu Han sebagai Xiao Qing.


Zhong Xiao Fei 钟晓飞 sebagai Xiao Ye.

Song Wen Jun 宋文俊 sebagai Liu Yang.

Plot:

Yun Mo (Wang Lao Ji) adalah cewe dari dunia lain yang time travel ke dunia manusia. Yun Mo bersekolah di sebuah SMU.


Yun Mo yang angkuh ini bukan seorang siswa yang pandai. Dia berkenalan dengan rekan sekelasnya, yaitu seorang gadis yang pintar di sekolah bernama Li Yue Xi (Yu Zi Xuan). Mereka akhirnya saling menyukai satu sama lain. Yue Xi ini selalu membantu Yun Mo di dalam pelajaran di sekolah.


Ternyata ada seorang gadis lagi yang menyukai Li Yue Xi, yaitu seorang gadis yang pintar juga di sekolah bernama Xiao Qing (Mao Xiang Lin).


Berbeda dengan Yue Xi yang sweet, Xiao Qing ini sebaliknya adalah seorang gadis yang sassy.


Melihat Xiao Qing akrab dengan Yue Xi, Yun Mo merasa cemburu. Karena hal ini kedua orang gadis ini jadi sering bertengkar.


Tapi seiring dengan perjalanan waktu, lama-lama Xiao Qing malah menyukai Yun Mo.


Nah, lalu bagaimana dengan akhir dari kisah percintaan di antara ketiga orang gadis ini?


Kita berharap saja, mudah-mudahan Haidao bisa menemukan jalan untuk menayangkan drama ini di platform lain dengan aman, sehingga kita bisa menonton drama ini bersama-sama.



  

***********


Sumber Foto: https://sogou.com 

 

No comments:

Post a Comment