Search This Blog:

Select Language To Translate Articles Here:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wednesday, March 27, 2024

The Overseas Graduated Young Lady And The Girl From Qing Era 留洋大小姐和清汉女




Film pendek yang berlatar-belakang di zaman dinasti Qing ini menceritakan kisah tentang dua orang gadis dengan latar belakang kehidupan yang berbeda.


Gadis yang pertama adalah seorang gadis China biasa yang hidup di masa pemerintahan dinasti Qing. Gadis kedua adalah seorang gadis China yang bersekolah di luar negeri.


Kedua orang gadis ini tinggal di kota yang sama dan merupakan tetangga yang rumahnya saling bersebelahan.

Pada suatu hari si gadis yang bersekolah di luar negeri ini pulang berlibur ke kampung halamannya di China.

Saat ia pulang, para tetangganya mulai meributkan kedatangannya. Membuat si gadis China yang rumahnya bersebelahan dengan si gadis yang baru pulang ini menjadi terkejut. Ia ingin sekali melihat bagaimana rupa dari gadis yang baru pulang dari luar negeri ini.


Ia melipat halaman dari kitab yang sedang dibacanya dan keluar untuk melihat gadis itu.


Akhirnya ia melihat gadis itu. Gadis itu cantik, berambut hitam yang ikal dan panjang. Topinya berwarna putih dan ia mengenakan gaun putih bergaya barat. Ia berjalan sambil menenteng sebuah koper persegi berwarna coklat.


Setelah kedua orang gadis ini bertemu, si gadis yang baru pulang ini langsung tersenyum dan menarik tangan si gadis tetangganya ini untuk menemaninya berjalan-jalan.


Kedua orang gadis ini dengan cepat saling menyukai satu sama lain. Ditambah lagi dengan pembawaan si gadis yang baru pulang ini yang ramah dan hangat, dengan cepat mereka menjadi akrab.


Si gadis yang baru pulang ini lalu menceritakan dengan antusias pengalamannya bersekolah di negara barat dan kehidupannya di negeri asing yang menarik kepada gadis China itu.


Si gadis China ini sangat tertarik mendengarkan cerita teman barunya ini. Ternyata kehidupan di negara asing sangat berbeda dengan kehidupannya di negeri China.


Di negara barat, gadis-gadis bisa hidup dan bersekolah dengan bebas dan menikmati hak asasi dan kesetaraan gender yang sederajat dengan kaum pria. Tidak seperti di China yang di zaman itu, kaum wanita sama sekali tidak memiliki kebebasan dan diperlakukan rendah oleh kaum pria.


Si gadis yang baru pulang ini menghadiahi teman barunya ini sebuah teropong kecil. Ia juga mengajari temannya menari waltz.


Sebaliknya si gadis China ini juga mengajak teman barunya ini ke gedung opera dan mempertunjukkan tarian opera yang amat digemari oleh masyarakat China di zaman itu.

Setiap hari mereka bermain bersama. Mereka saling bertukar cerita tentang kehidupan. Juga saling bertukar pengalaman.


Melihat teman barunya yang kehidupannya terkungkung di zaman itu, si gadis yang baru pulang ini merasa sayang. Ia lalu mengajak si gadis China itu untuk ikut bersamanya ke luar negeri dan bersekolah di sana.


Ternyata masa liburannya sudah habis, dan si gadis ini sudah harus balik lagi ke luar negeri. Ia memberitahu kepada gadis China itu, bahwa besok mereka akan berpisah.


Ia memeluk si gadis China dan mengulangi kembali ajakannya. Tapi si gadis China ini kelihatan masih ragu-ragu dan belum berani mengambil keputusan.


Akhirnya tibalah hari perpisahan mereka. Si gadis mencari-cari dengan pandang matanya di pelabuhan, berharap si gadis China itu akan muncul dan mengantar kepergiannya.


Si gadis China itu akhirnya muncul dan mereka melewati saat-saat terakhir di tempat itu.


Gadis itu lalu naik ke atas kapal. Angin yang kencang menghembus jatuh topinya yang berwarna putih.


Si gadis China terbangun dari tidurnya. Ternyata ia ketiduran di atas meja di pekarangan rumahnya. Tapi teman barunya itu sudah pergi jauh. Meninggalkan teropong kecil dan topinya di atas meja sebagai kenang-kenangan.


Peristiwa itu serasa mimpi bagi si gadis China. Tapi bagaimana mungkin ia berani meninggalkan tanah kelahirannya begitu saja? Gadis-gadis di zaman itu memang belum memiliki keberanian untuk mengubah nasib.


Ia membuka kotak teropong dan mengeluarkan benda itu. Saat itu angin berhembus dan kitab di atas meja itu pun tersibak oleh angin. Dan terbukalah halaman bekas lipatan itu.


Secara reflek gadis China itu menengok ke samping. Tapi rumah di sebelahnya itu tampak lengang tak terlihat seorang pun di situ.


Setelah dia pergi, duniaku kehilangan lagi warnanya...! Batinnya sedih.

JUDUL:

THE OVERSEAS GRADUATED YOUNG LADY AND THE GIRL FROM QING ERA - 留洋大小姐和清汉女 (Liu Yang Da Xiao Jie He Qing Han Nu).

Tahun: 2024.

Jenis: Film Pendek.

Genre: Film Drama Klasik.

Tayang Di: Bilibili.

Tayang Tanggal: 06 Januari 2024.

Bisa Ditonton Di:

Bilibili dan Youtube (Channel: Wang Lao Ji & Sheng Wei Vivi Fans 吉微酒粉丝).

Durasi: 02:24 menit.

Sutradara: Zou Hui Qu Le 走回去了.

Pemain:

Sheng Wei Vivi 圣微 sebagai Gadis Luar Negeri.

Xiao Yu Za 小宇砸 sebagai Gadis China.



 

*********

 

Sumber Foto: https://sogou.com  

 

No comments:

Post a Comment