Search This Blog:

Select Language To Translate Articles Here:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Friday, March 22, 2024

The Book Of Fate 执笔 Zhi Bi

Drama terbaru Haidao ini bukan sebuah drama GL, melainkan sebuah drama klasik romance fantasi yang dibintangi oleh sepasang aktor dan aktris. 

Pemeran utama wanitanya adalah seorang aktris drama panjang, bernama Daisy Li Mu Chen.


Sekarang para artis drama panjang sudah gak begitu gengsi lagi untuk bermain drama pendek. Kalau dulu, mereka pada gengsi semua, karena menganggap drama pendek itu kelasnya di bawah drama panjang. Jadi mereka takut kalau bermain drama pendek, pamor mereka akan jatuh.


Tapi sekarang keadaan sudah berbalik, karena drama pendek itu sudah jauh lebih populer sekarang dan sudah banyak penggemarnya. Jadi jika para artis ini bisa selektif di dalam memilih proyek drama pendek, bermain drama pendek itu sebenarnya bisa loh ikut mendongkrak atau menaikkan pamor dan popularitas mereka.


Biasanya yang mau melirik drama pendek itu adalah para artis drama panjang yang popularitasnya di dalam drama panjang kurang begitu bersinar. Jadi mereka menyambi bermain drama pendek untuk menaikkan popularitas mereka.


Maklum di dunia drama panjang, persaingan atau kompetisi di kalangan artis-artisnya sudah sangat tinggi. Jadi banyak artis yang gak kebagian kesempatan bermain drama. Jadi kalau ada yang mengajak mereka bermain drama pendek, kenapa harus ditolak? Ya, gak?


Yang pintar biasanya mau mengambil kesempatan ini. Daripada menganggur menunggu proyek baru yang gak jelas datangnya atau yang gak datang-datang.


Drama pendek ini diproduksi bersama oleh 12 rumah produksi. Jadi kita bisa melihat di sini, bahwa sebuah proyek drama pendek yang bagus dan berpotensi, biasanya selalu bisa menarik atensi dan minat dari para produser rumah produksi untuk ikut berinvestasi di dalamnya.

Dan sewaktu drama ini masih dalam proses syuting saja, drama ini sempat diliput oleh stasiun TV BUMN yaitu CCTV. Jadi kalau stasiun TV pemerintah saja tertarik untuk meliput, sudah tentu drama pendek ini gak bisa dianggap kaleng-kaleng mutunya.


Apalagi yang sudah mengenal Haidao atau Zhang Zhi Wei, pasti tahu ya, bahwa sutradara cewe ini sudah diakui talenta, kualitas dan jam terbangnya di dalam menyutradarai sejumlah drama pendek.


Lalu kenapa Haidao mau menerima pekerjaan menyutradarai drama yang bukan bertema GL?


Oh, ini karena Haidao ingin mencari uang sebanyak-banyaknya yang mana bisa ia kumpulkan untuk membuat drama gl kesukaannya. Hal ini sudah pernah Haidao utarakan di dalam live streaming-nya beberapa waktu yang lalu.


Drama ini merupakan sebuah drama adaptasi yang diangkat dari kisah sebuah novel yang ditulis oleh pengarangnya yaitu Li Yan Nian 林言年.

Drama ini diproduksi pada tahun 2023 yang mana proses syutingnya berhasil diselesaikan pada tanggal 05 Oktober 2023 di Hengdian Studio.


Ji Ji juga ada bermain di dalam drama ini, tapi hanya kebagian peran pendukung saja. Biasanya kalau bukan drama GL, Haidao gak pernah kasih pemeran utama kepada Ji Ji.


Aktor drama pendek, Zheng Feng 郑锋 juga diajak main oleh Haidao di dalam drama ini.


Tulisan ini merupakan sebuah review pandangan mata, karena aku sendiri belum menonton drama ini sampai selesai.

JUDUL:

THE BOOK OF FATE – 执笔 (Zhi Bi).

Tahun: 2024.

Jenis: Drama Pendek.

Tayang Di: Tencent.

Bisa Ditonton Di: Tencent, WeTV dan Bilibili.

Tayang Tanggal: 20 Maret 2024.

Jumlah Episode: 24.

Durasi: 10 sd 17 menit per episode.

Sutradara: Zhang Zhi Wei 张之微.

Pemain:

Daisy Li Mu Chen 李沐宸 sebagai Su Yun Qi.


Ye Sheng Jia 叶盛佳 sebagai Lu Huai.

Wang Lao Ji 王老吉/Wang Xue Xi 王学习 sebagai Jin Jiu.


Zheng Feng 郑锋 sebagai Yun Sheng.

Plot:

Su Yunqi, putri sah dari seorang perdana menteri secara tak terduga menemukan, bahwa dia adalah seorang tokoh wanita yang kejam di dalam sebuah novel.


Di mana tokoh Su Yunqi ini mengalami akhir hidup yang tragis yang tercatat di dalam Kitab Takdir, yang mana tidak dapat diubah lagi.


Akan tetapi Su Yunqi tidak mau menerima takdirnya yang sudah digariskan seperti ini. Gadis ini lalu menggunakan Kitab Takdir itu untuk mengubah takdirnya dan menulis ulang kembali jalan hidupnya.


Web drama pendek The Book Of Fate ini diadaptasi dari novel yang berjudul sama. Tapi di dalam novel tersebut, sang protagonis prianya yang bernama Ule Huai itu identitas awalnya adalah seorang Khan kecil di padang rumput.


Sang tokoh utamanya yang bernama Su Yunqi ini tercatat takdirnya di dalam Kitab Takdir adalah sebagai berikut:

Ibunya Su Yunqi menceburkan dirinya ke dalam sungai ketika Yunqi masih berusia dua belas tahun. Ayahnya Yunqi jatuh cinta dengan selirnya.


Kemudian untuk mengubah takdir, Yunqi meniru tindakan dari selir Su Luoluo dalam usahanya untuk memenangkan hati Ule Huai. Setelah Ule Huai mengetahui kebenarannya, dia masih tetap mencintai Su Yunqi.


Di dalam versi dramanya, Ule Huai ini diganti namanya menjadi Lu Huai, yang identitas awalnya adalah seorang pegawai kaisar, namun identitas aslinya yang sebenarnya adalah seorang anak haram dari kaisar.

Di dalam akhir cerita yang telah diatur dengan jelas oleh Kitab Takdir, Su Yunqi ini akan menerima hukuman karena kejahatannya. Sedangkan selir Su Luoluo yang lemah, menyedihkan dan baik hati akan naik tahta dengan penuh kemuliaan.

Tapi Su Yunqi tidak mau menyerah dan ia berjuang melawan nasibnya sendiri dan ia jatuh cinta pada Lu Huai.

Su Yunqi dan Lu Huai harus berjuang bersama berkali-kali agar bisa mengubah takdirnya yang tercatat di dalam Kitab Takdir tersebut.


Pada akhirnya, Lu Huai bertekad untuk melepaskan diri dari belenggu Kitab Takdir. Su Yunqi juga tidak mau dirinya menjadi alat bagi Kitab Takdir lagi. Lu Huai dan Su Yunqi sama-sama kuat, dan setelah melalui berbagai kesulitan bersama, mereka akhirnya bisa hidup bersama.

Tapi gak semua bagian cerita dibuat sama persis seperti di dalam novelnya. Namun secara umum, baik versi novel maupun versi dramanya layak untuk ditonton.

Apa Sebenarnya Peran Ji Ji Di sini?

Ji Ji di sini bermain sebagai rekan kerja dari Lu Huai, saat Lu Huai masih bekerja di departemen investigasi di kerajaan.

Ji Ji ini berperan sebagai Jin Jiu. Jin Jiu ini bekerja membantu Lu Huai di dalam menangani kasus kriminal di dalam lingkungan kerajaan.


Di awal-awal memang gak jelas tokoh yang diperankan oleh Ji Ji ini sebenarnya seorang pria atau wanita. Karena kalau dilihat dari nama, penampilan dan tindak tanduknya, mestinya Jin Jiu ini adalah seorang pria. Tapi belakangan ketika Ji Ji muncul dengan kostum wanita, akhirnya jadi jelas, bahwa Jin Jiu itu ternyata adalah seorang gadis.


Jin Jiu ini sudah muncul di episode kedua. Jadi rasanya kita bisa melihat Ji Ji cukup banyak di dalam drama ini.


Untuk lebih jelasnya, kalian nonton saja sendiri dramanya, ya!

 


**************


Sumber Foto: https://sogou.com


No comments:

Post a Comment