Search This Blog:

Select Language To Translate Articles Here:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, August 10, 2019

Review Resensi Sinopsis Film Asterix The Secret Of The Magic Potion Film Animasi Kesepuluh Dari Franchise Film Asterix


 
Film Asterix: The Secret Of The Magic Potion adalah film animasi kesepuluh dari serial animasi Asterix yang diadaptasi dari komik cerita anak dari Prancis dengan tokoh utama bernama Asterix.

Komik cerita anak Asterix merupakan serial komik yang terkenal dan disukai oleh anak-anak di Prancis dan di seluruh dunia dengan omset penjualan yang cukup tinggi serta sudah diterjemahkan ke dalam 111 bahasa di dunia.

Komik Asterix ini mulai diterbitkan pada tahun 1961 dan sampai sekarang masih terus dibuat komiknya. Hingga kini seri komik Asterix sudah dibuat sampai jilid ke-38 yang terbit pada tahun 2019. Komik Asterix ditulis oleh Rene Goscinny pada tahun 1959 – 1979, dilanjutkan oleh Albert Uderzo pada tahun 1980 – 2009, dan Jean-Yves Ferri pada tahun 2013 – sekarang. Kesuksesan komik Asterix telah menjadikan Rene Goscinny dan Albert Uderzo sebagai pengarang Prancis paling laku di dunia Internasional.
 
Asterix The Secret Of The Magic Potion
 

Saking terkenalnya komik Asterix ini, nama Asterix kemudian diabadikan menjadi nama dari sebuah Theme Park terkenal di Paris yang bernama Parc Asterix, yang mulai dibuka pada tahun 1989. Taman ini merupakan salah satu tempat wisata di Prancis yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan di seluruh dunia. Nama Asterix juga diabadikan menjadi nama dari satelit pertama di Prancis, yaitu  Asterix-1 yang diluncurkan pada tahun 1965.

Karena disukai oleh banyak pembaca, komik ini lalu dibuatkan versi filmnya, baik versi animasi maupun live action. Selain itu juga ada versi video game-nya. Tercatat sudah dibuat sebanyak 10 buah film animasi dan 4 buah film live action.
 

Adapun daftar film-film animasi Asterix yang sudah dibuat adalah sbb.:

No.
Tahun
Judul
Sutradara
1
1967
Asterix The Gaul
Ray Goossens
2
1968
Asterix And Cleopatra
Rene Goscinny, Lee Payant & Albert Uderzo
3
1976
The Twelve Tasks Of Asterix
Rene Goscinny, Albert Uderzo, Pierre Watrin & Henri Gruel
4
1985
Asterix Versus Caesar
Gaetan & Paul Brizzi
5
1986
Asterix In Britain
Pino Van Lamsweerde
6
1989
Asterix And The Big Fight
Philippe Grimond, David N. Weiss
7
1994
Asterix Conquer America
Gerhard Hahn
8
2006
Asterix And The Vikings
Stefan Fjeldmark, Jesper Moller
9
2014
Asterix And The Mansions Of The Gods
Alexandre Astier, Louis Clichy
10
2018
Asterix: The Secret Of The Magic Potion
Alexandre Astier, Louis Clichy

Kisah di komik Asterix terjadi di negeri Gaul, sebuah tempat fiksi antah berantah di benua Eropa. Pada tahun 50 SM, penjajah Romawi di bawah pimpinan Julius Caesar berhasil menduduki Gaul. Meskipun begitu, ada sebuah desa kecil bernama Galia di negeri Gaul yang penduduknya masih tetap gigih berjuang mempertahankan desanya dari pendudukan Romawi. Di desa kecil inilah Asterix hidup.

Cerita lantas berpusat di desa ini dengan melukiskan perjuangan dari para penduduk desa dalam usahanya melawan kaum penjajah dengan bermodalkan sebuah ramuan ajaib yang bisa memberikan kekuatan super bagi yang menerimanya. Ramuan ajaib ini dibuat oleh Kakek sesepuh desa bernama Getafix.

Ramuan ajaib ini diminum oleh Asterix, yang menjadi tokoh sentral dalam kisah di komik ini, sekaligus juga pahlawan di desa Galia. Asterix berjuang melindungi desanya dibantu oleh seorang temannya yang bernama Obelix yang juga memiliki kekuatan super dari ramuan ini. Bedanya, Obelix mendapatkan kekuatan dari ramuan karena terjatuh ke dalam godokan ramuan saat masih bayi. Mereka melakukan petualangan-petualangan yang sangat seru dan menarik, baik di desa mereka tinggal maupun sampai jauh ke luar negeri.

Yang menarik dari komik Asterix ini ialah ceritanya yang dibalut dengan unsur humor, baik melalui dialog yang diucapkan oleh karakter-karakter dalam komiknya maupun lewat ilustrasi gambarnya, sehingga Asterix pun dikenal sebagai komik anak yang lucu. Jadi tak heran, jika komik ini begitu digemari oleh anak-anak di seluruh dunia. Demikian inti cerita dari serial komik Asterix ini.
 


Nah, Film Asterix: The Secret Of The Magic Potion menceritakan tentang Getafix yang terjatuh dari pohon, sehingga tidak dapat lagi mencari dan mengumpulkan bahan untuk pembuatan ramuan obat ajaibnya. Keadaan ini membuat Asterix dan Obelix melakukan petualangan lagi ke luar dari desanya untuk mencari calon murid penerus Getafix yang bisa melanjutkan usahanya dalam pembuatan ramuan obat. Sementara ini sepeninggal Asterix, desa mereka kembali terancam oleh serangan dari pasukan Romawi yang dipimpin oleh Tomcrus, juga rencana jahat dari seorang penyihir bernama Sulfurix yang ingin mencuri resep rahasia pembuatan ramuan ajaib milik Getafix.

Mampukah Asterix dan Obelix menemukan sang calon penerus Getafix, sekaligus mengusir tentara Romawi dari desa mereka dan menggagalkan rencana dari sang penyihir jahat?

Untuk mengetahui jawabannya, kita harus menonton dulu film ini, yang sudah tayang pada tanggal 7 Agustus 2019!

Film ini disutradarai oleh Louis Clichy dan Alexandre Astier yang juga menjadi duo Sutradara dari film animasi ke-9 yang berjudul Asterix And The Mansions Of The Gods. Alexandre Astier juga merangkap sebagai penulis skenario dari film ini. Film ini sudah beredar di Prancis pada tanggal 5 Desember 2018. Tapi di Indonesia, film ini baru tayang pada bulan Agustus 2019.

Asterix disuarakan oleh Christian Clavier, seorang Aktor, Penulis Skenario, Sutradara dan Produser Film dari Prancis yang cukup dikenal. Sedangkan Obelix disuarakan oleh Guillaume Briat. Getafix disuarakan oleh Bernard Alane. Daniel Mesguich sebagai Sulfurix. Dan Levanah Solomon sebagai Pectine.

Bagi penggemar komik Asterix, jangan sampai melewatkan film animasi ini, ya!
 
Note:
 
Sumber Foto: https://sogou.com
 
 
********








No comments:

Post a Comment