Search This Blog:

Select Language To Translate Articles Here:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, September 7, 2019

Review Resensi Sinopsis Film IT Chapter Two Kembalinya Badut Iblis Pennywise Setelah 27 Tahun

IT Chapter Two

IT film horor yang diadaptasi dari novel IT buah karya dari Master Horor Supranatural, Stephen King sukses komersil sewaktu ditayangkan pada tahun 2017 lalu, dengan membukukan pendapatan Box Office di seluruh dunia lebih dari USD 700 juta dari bujet produksi sebesar USD 35 juta. Tidak menunggu lama, dalam waktu 2 tahun saja, lanjutannya IT Chapter Two sudah langsung bisa kita saksikan sekarang.

Agar pembaca ingat kembali, S-Mov me-refresh kembali sekilas cerita IT Chapter One yang tayang 2 tahun yang lalu, agar ceritanya menyambung kembali.

IT bercerita tentang teror Badut Iblis, Pennywise yang meneror kota Derry dengan kematian berturut-turut anak-anak di kota Derry, yang tewas secara misterius dengan mayat yang mengerikan. 7 orang anak yang tergabung dalam kelompok Pecundang terusik untuk menyelidiki peristiwa ini. 7 orang detektif cilik ini berhasil mengungkapkan misteri kematian para bocah tersebut yang merupakan perbuatan si badut iblis. Pertarungan seru antara mereka dengan si badut iblis, berhasil dimenangkan oleh kelompok Pecundang. Pennywise pun berhasil dikalahkan dan dilenyapkan, dan kota Derry pun berangsur-angsur menjadi aman dan tentram kembali. Kelompok Pecundang lalu berikrar, bahwa mereka akan bersatu kembali untuk melawan, jika Pennywise muncul kembali. Demikian cerita film IT Chapter One.
 

Setelah 27 tahun berlalu, ternyata Pennywise benar-benar muncul kembali dan mulai meneror kembali penduduk kota Derry. Kelompok Pecundang yang sekarang sudah hidup terpisah satu dengan lainnya, terpaksa reuni kembali dan siap mempertaruhkan nyawa mereka untuk mengalahkan sang badut iblis untuk kedua kalinya.

Siapa saja anggota dari kelompok Pecundang itu? Kita perkenalkan mereka satu persatu:

Bill Denbrough, anak laki-laki penderita gagap yang ingin membalaskan kematian adiknya, Georgie yang tewas dibunuh oleh Pennywise. Sekarang Bill sudah menjadi seorang Novelis Cerita Misteri yang sukses dan sudah berumahtangga dengan seorang Aktris.
 

Beverly Marsh, cewek tomboi yang mempunyai Ayah penderita sakit jiwa yang kerapkali melecehkan putrinya sendiri. Sekarang Beverly sudah menjadi seorang Perancang Busana dan Ia menikah dengan seorang pria penderita gangguan jiwa yang membuat Beverly kerap mengalami kekerasan dalam rumah tangga.

Ben Hanscom, bocah gendut yang kerapkali di-bully karena bentuk tubuhnya. Sekarang Ben sudah tidak gendut lagi, dan Ia sudah berubah menjadi seorang Arsitek yang sukses.

Richie Tozier, anak laki-laki yang kerap membuat masalah karena mulutnya yang kotor dan ucapannya yang kasar. Sekarang Richie sudah menjadi seorang Aktor Stand-Up Comedy yang sukses.

Mike Hanlon, anak laki-laki kulit hitam yang memiliki masalah dengan penyalahgunaan zat serius akibat trauma pada peristiwa di masa kecilnya. Setelah dewasa, Mike tetap tinggal di Derry dan menjadi seorang Pustakawan Kota. Mike lah yang mengumpulkan teman-temanya di Derry.
 

Eddie Kaspbrak, anak laki-laki penderita Hipokondria (penderita penyakit sugesti) yang hidupnya bergantung pada obat inhaler dengan Ibu yang sangat posesif. Sekarang Eddie berprofesi sebagai seorang Risk Assessor (Ahli Penilai Risiko) yang menikah dengan seorang wanita yang sama posesifnya dengan Ibunya.

Stanley Uris, anak laki-laki yang lemah, penakut dan pengecut. Sekarang Stanley bekerja sebagai seorang Partner dari sebuah Firma Akuntansi Besar di Atlanta dan menikah dengan seorang Guru.

Ternyata Kelompok Pecundang ini menyimpan kekuatan yang hebat bila mereka bersatu, terbukti mereka menjadi pahlawan di Kota Derry, karena mereka berhasil mengusir Pennywise dari kota mereka.
 

Tapi sekarang Pennywise muncul kembali setelah 27 tahun. Mampukah mereka mengalahkan dan mengusir Pennywise dari Derry sekali lagi? Mari kita saksikan saja filmnya di bioskop, ok?

IT Chapter Two disutradarai oleh Andy Muschietti, Sutradara Film asal Argentina yang juga menyutradarai IT Chapter One. Film hasil karyanya yang beredar di sini adalah Mama, film horor yang cukup mendapatkan apresiasi saat ditayangkan.

Skenario film ini masih ditulis oleh Gary Dauberman yang juga menulis skenario film IT pendahulunya.

William Bill Denbrough diperankan oleh James McAvoy dan Jaeden Martell sebagai Bill muda. James McAvoy adalah Aktor watak Amerika yang sudah kita kenal sebagai Profesor X (Charles Xavier) di Film-film X-Men. Film-filmnya yang lain, antara lain Split dan Glass sebagai orang berkepribadian ganda. Sedangkan Jaeden Martell atau dulunya bernama Jaeden Lieberher adalah Aktor Remaja Amerika yang berbakat.
 
Tim Pecundang Yang Akan Melawan Pennywise

Baca Profil dari James McAvoy di sini:

Beverly Marsh diperankan oleh Jessica Chastain dan Sophia Lillis sebagai Beverly muda. Jessica adalah Aktris watak yang terkenal dengan film-filmnya antara lain, The Help, Zero Dark Thirty dan Mama. Sedangkan Sophia Lillis adalah Aktris remaja Amerika yang mulai terkenal. Nantikan filmnya sebagai Detektif Wanita, Nancy Drew dalam film Nancy Drew And The Hidden Staircase pada tahun 2020.

Baca juga Profil dari Jessica Chastain di sini:

Ben Hanscom diperankan oleh Jay Ryan dan Jeremy Ray Taylor sebagai Ben muda. Jay Ryan adalah Aktor Selandia Baru. Sedangkan Jeremy adalah Aktor Remaja Amerika yang film-filmnya, antara lain Geostorm dan Goosebumps 2: Haunted Halloween.

Richie Tozier diperankan oleh Bill Hader dan Finn Wolfhard sebagai Richie muda. Bill Hader kita kenal sebagai Aktor Komedi dan Pemeran Serial NBC Saturday Night Live. Sedangkan Finn Wolfhard adalah Aktor Remaja Kanada yang juga seorang Musisi.
 
Tim Pecundang Dalam IT Chapter Two

Mike Hanlon diperankan oleh Isaiah Mustafa dan Chosen Jacobs sebagai Mike muda. Isaiah adalah Aktor Film dan Televisi  Amerika yang juga Pemain Sepak Bola. Sedangkan Chosen Jacobs adalah Penyanyi dan Aktor Remaja Amerika yang dikenal lewat Serial TV. Hawaii Five-O.

Eddie Kaspbrak diperankan oleh James Ransone dan Jack Dylan Grazer sebagai Eddie muda. James Ransone adalah Aktor Film dan TV. Amerika yang dikenal lewat film Sinister dan Sinister 2. Sedangkan Jack Dylan Grazer adalah Aktor Film dan TV Amerika yang dikenal lewat film Shazam.

Stanley Uris diperankan oleh Andy Bean dan Wyatt Oleff sebagai Stanley muda. Andy Bean adalah Aktor Film dan TV. Amerika yang dikenal lewat Serial Swamp Thing. Sedangkan Wyatt Oleff adalah Aktor Film dan TV. Amerika yang dikenal lewat Film Guardians Of The Galaxy dan Guardians Of The Galaxy Vol. 2 sebagai Peter Quill muda.

Pennywise Si Badut Iblis Dalam IT Chapter Two

Bill Skarsgard

Bill Skarsgard sebagai Pennywise, si Badut Iblis yang bangkit setiap 27 tahun sekali untuk mencari mangsa. Bill Skarsgard sudah 2 kali berperan sebagai Pennywise dan cukup sukses memainkan si badut iblis. Bill adalah Aktor Swedia, putra dari Aktor Stellan Skarsgard yang berputra 7 orang. 3 orang dari Kakak Bill adalah Aktor semua, termasuk Kakak Sulungnya, yaitu Alexander Skarsgard.

Pengambilan gambar film ini dilakukan di Pinewoods Toronto Studio, Port Hope, Oshawa, Toronto dan Ontario, semuanya di Kanada dari bulan Juni 2018 dan selesai pada akhir bulan Oktober 2018.
 

Stephen King, sang Novelis sendiri ikut tampil sebagai Cameo di film ini sebagai Pemilik Toko Penggadaian.

Berdasarkan Situs Rotten Tomatoes, IT Chapter Two mendapat rating sebesar 66% dari para Kritikus Film. Rata-rata mereka mengkritik durasi film yang agak panjang, yaitu hampir 3 jam dan film ini menurut mereka kalah menyeramkan dibandingkan dengan film pertamanya. Akan tetapi, rata-rata para Kritikus memuji penampilan Bill Skarsgard sebagai Pennywise dan Bill Hader sebagai Richie Tozier.
 
Pennywise

S-Mov setuju dengan penilaian Kritikus untuk akting gemilang dari Bill Skarsgard sebagai Pennywise. Film ini menarik, berkat akting dari Bill. Sebagai Pennywise, Bill berhasil menampilkan sosok Pennywise yang licik, manipulatif dan keji. Lihat air liur Pennywise yang terus-menerus menetes saat Ia berbicara. Mulutnya yang lebar dengan gigi-gigi palsu yang besar dan panjang cukup mengerikan. Belum lagi suaranya yang merayu mendayu-dayu yang tiba-tiba bisa menggeram dengan dahsyatnya.

Bill Hader cukup lumayan. Ia tampil lepas dan bebas. Umpatan-umpatan kotor khas Richie Tozier berhamburan di sepanjang film. Memang begitulah karakter Richie.
 

Penampilan cast lainnya biasa-biasa saja. Rasanya James McAvoy dan Jessica Chastain kurang cocok bermain sebagai Bill dan Beverly. McAvoy cukup berhasil memerankan orang sinting di film Split dan Glass, tapi sebagai Bill yang gagap, rasanya agak kurang pas. Sedangkan Jessica adalah Aktris yang biasa tampil elegan di film-filmnya. Melihat Jessica memainkan Beverly yang nakal dan nyeleneh rasanya agak janggal. Tapi penampilan mereka berdua tidak buruk juga, hanya agak salah casting saja.

Filmnya memang cukup panjang, hampir 3 jam lamanya. Akan tetapi biar panjang, tapi tidak membosankan. Aksi-aksi Pennywise cukup menyeramkan. Rasanya tidak kalah sadis dengan film yang pertama. S-Mov tidak merasa film ini kalah seram dengan filmnya yang pertama.
 

Andy Muschietti cukup berhasil membuat sebuah film horor yang seram dan menarik. Film horor ini bukan film horor kacangan. Malah berkesan film horor kelas A. S-Mov rasa film ini akan berhasil di tangga box office dunia. Rasanya tidak akan kalah hasilnya dengan filmnya yang pertama. Ok, kita tunggu saja hasilnya dalam 3 bulan mendatang, apakah IT Chapter Two bisa mengungguli pendapatan film pendahulunya.

Overall, walaupun alur film ini amat mudah ditebak, akan tetapi IT adalah film horor yang ceritanya amat runtun dan lengkap, dengan penggambaran karakter pemainnya yang amat jelas, sehingga kalau menonton film ini serasa sama dengan ikut membaca dan menikmati novelnya. Dan ini sangat mengasyikkan.

Bagi penggemar film horor supranatural, IT merupakan sebuah pilihan yang terbaik.
 

Note:

Sumber Foto: https://sogou.com
 

*************

Review : ****


Parameter Review:

*****     : Hebat
****       : Bagus
***         : Menarik
**           : Biasa-biasa saja
*             : Jelek







  











No comments:

Post a Comment