Search This Blog:

Select Language To Translate Articles Here:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Thursday, September 12, 2019

Review Dan Resensi TV Series Ode To Joy 欢乐颂 Season One Dan Season Two Romantika Kehidupan 5 Orang Gadis Modern Di Apartemen Lantai 22 Kota Shanghai

Ode To Joy Season 2 

Ode To Joy Season 2 

Ode To Joy Season One 

Ode To Joy Season One

Hidup, tinggal dan bekerja di kota Shanghai itu tidak mudah bagi kebanyakan orang, apalagi bagi warga pendatang yang ingin mencari peruntungan dan nafkah di kota metropolitan ini. Selain biaya hidup yang besar, tuntutan gaya hidup modern di kota metropolitan juga menjadi salah satu sebab mengapa orang harus berjuang keras untuk beradaptasi agar bisa terus hidup dan eksis.

Fenomena ini dipotret di dalam film ini. Dilukiskan dengan jelas dan gamblang. Tokoh-tokoh cerita di dalam film ini bukan merupakan pribadi-pribadi yang sempurna, orang-orang suci, karakter-karakter idola, orang baik-baik yang tanpa cacat dan cela, melainkan orang-orang biasa yang kadang-kadang berbuat salah, khilaf, berdosa, bukan orang baik-baik atau pun orang jahat, lebih tepat dikategorikan dalam zona abu-abu, yang kadang-kadang bisa menjadi malaikat, tapi bisa juga sekali waktu menjadi iblis.

Andy Dan Qi Dian 

Walaupun kehidupan ada banyak kemunafikan dan kepalsuan, akan tetapi di balik semua itu ternyata masih menyimpan sesuatu yang indah dan melegakan.

Apakah itu?

Yah, itu adalah solidaritas, kesetiakawanan dan ketulusan. Sesuatu yang sudah luntur dan langka di kehidupan modern yang sarat dengan kemunafikan, egoisme, kedengkian, untung rugi dan kesukaan memanfaatkan orang.

Wang Zi Wen Dan Wang Kai 

Qu Xiao Xiao Dan Zhao Qi Ping 

Inti dari kisah di film ini menceritakan kehidupan karir dan asmara dari 5 orang gadis dengan latar belakang sosial berbeda yang tinggal dalam satu apartemen yang sama di lantai 22 di kota Shanghai yang harus berjuang sendiri untuk meraih masa depan. Ke-5 orang gadis ini mempunyai karakter, kepribadian, dan pandangan hidup yang berbeda satu dengan lainnya. Tapi mereka memiliki satu tujuan yang sama, yaitu mereka harus menaklukkan kota Shanghai, entah bagaimana caranya.

Qiao Xin Dan Deng Lun 

Guan Ju Er Dan Xie Tong 

Serial ini sangat menarik. Semua karakter berada dalam zona abu-abu. Menonton film ini, kita tidak bisa mengidolai seseorang sampai film ini tamat. Tidak, karena sang idola mendadak bisa melakukan sesuatu yang tidak simpatik dan membuat kita berhenti mengidolainya. Sebaliknya, seseorang yang amat tidak simpatik di awal, bahkan bisa membuat kita berubah menjadi simpati padanya di akhir. Sekali lagi semua tokoh utama berada di zona abu-abu.

Film ini diadaptasi dari novel fiksi yang ditulis oleh A Nai dengan judul yang sama, dan merupakan join produksi dari Shandong Television Media Group and Daylight Entertainment Television Ltd. Sampai sejauh ini sudah dibuat dalam dua season. Season One ditayangkan pada tahun 2016 dan Season Two tahun 2017. Yang Season Three masih diproduksi.

Yang Zi Dan Wu Hao Chen 

Qiu Ying Ying Dan Ying Qin

Sambutan yang diperoleh dari pemirsa di seluruh dunia cukup bagus dan rating yang diperoleh cukup tinggi. Serial ini hits di mana-mana dan memperoleh penggemar yang sangat banyak. Yang unik adalah, bahwa para penggemar mempunyai idola tokoh masing-masing. Ke-5 orang Aktris yang memerankan karakter di film ini mempunyai penggemar masing-masing. Ada yang menyukai karakter A tapi membenci karakter B. Sebaliknya ada juga yang menyukai karakter B, tapi tidak menyukai karakter A. Demikian gambarannya.

Jiang Xin Dan Zhang Lu 

Fan Sheng Mei Dan Wang Bai Chuan
 
Film ini diproduseri oleh Hou Hong Liang dengan Sutradara, Kong Sheng dan Jian Chuan He serta Penulis Skenario, Yuan Zi Dan. Season One terdiri dari 42 episode dan Season Two terdiri dari 55 episode.

Serial ini memenangkan Best Television Series dan Outstanding Television Series pada tahun 2016, 2017 dan 2018.

Andy Dan Tan Zong Ming

Film ini menggambarkan kehidupan dunia modern dengan apa adanya. Jadi jangan kaget, kalau anda menyaksikan fenomena seperti pemujaan materi, gila sosmed, menggampangkan segala cara, tidak menjunjung virginitas di dalam film ini. Bukankah hal-hal ini merupakan gambaran kehidupan nyata di kota metropolitan di seluruh dunia? Jadi kita cukup menjadi penonton saja tak usah mencela. Ini hanya karya seni belaka, kita cukup apresiasi saja sebagai sebuah karya seni. Itu saja tak usah pusing-pusing.

Liu Tao Dan Yang Shuo 

Andy Dan Bao Yi Fan 

Sekarang mari kita perkenalkan ke-5 orang gadis modern ini:

Andy He, CFO berusia 31 tahun dari perusahaan besar di Shanghai. Andy datang ke Shanghai selain untuk berkarir juga untuk mencari keberadaan dari Adik laki-lakinya yang terpisah sejak kecil dan sekarang mereka kehilangan kontak satu dengan lainnya. Di balik kecerdasan dan karir gemilangnya, Andy ternyata menyimpan kecemasan atas masa lalunya sebagai yatim piatu yang harus berjuang untuk mengatasi gangguan jiwa yang melandanya. Hal ini membuat Andy menjadi kurang bisa bergaul dan buruk dalam membina sebuah hubungan dengan orang lain, terutama dengan pria.

Andy He Diperankan Oleh Tamia Liu Tao
 
Andy He diperankan oleh Tamia Liu Tao. Tamia adalah salah seorang dari Ratu TV. China yang terkenal. Sudah banyak serial televisi dan film yang dibintanginya. Yang hits juga banyak. Antara lain, Ma Zu, Nirvana In Fire, Legend Of Mi Yue, dsb. Kesuksesan Ode To Joy membuat Tamia semakin populer. Selain sebagai Aktris, Tamia juga seorang Penyanyi. Ada sejumlah serial televisi yang lagu-lagunya dinyanyikan sendiri olehnya. Soundtrack dari lagu-lagu di serial ini juga Ia nyanyikan bersama dengan ke-4 orang rekan Artisnya.

Tamia Liu Tao
 
Fan Sheng Mei, seorang gadis berusia 30 tahun yang bekerja sebagai HRD di perusahaan asing. Latar belakang keluarganya yang miskin membuat Fan harus bekerja keras untuk mengumpulkan uang. Ia sering dirongrong oleh Ibunya yang terus meminta uang padanya untuk memenuhi kebutuhan keluarganya akibat pemerasan yang dilakukan oleh  Kakak Laki-lakinya yang pengangguran dan preman. Keadaan ini membuat Fan harus meletakkan materi di atas segala prioritas kehidupannya.

Fan Sheng Mei Diperankan Oleh Rulu Jiang Xin  

Fan Sheng Mei diperankan oleh Rulu Jiang Xin. Rulu adalah Aktris watak berbakat yang bisa memerankan tokoh protagonis maupun antagonis dengan sama baiknya. Akting Rulu sebagai Selir Hua di dalam serial Empresses In The Palace, memperoleh banyak pujian, yang membuahkan penghargaan sebagai Aktris Pendukung Terbaik untuk dirinya. Sudah cukup banyak serial yang dibintanginya, antara lain Blind Date, Heirs, dsb. Sama dengan Tamia, Rulu juga pandai bernyanyi dan sudah membuahkan beberapa single, salah satunya adalah Cinderella Hui Gu Niang, salah sebuah lagu andalan dari Original Soundtrack Ode To Joy.

Rulu Jiang Xin 

Qu Xiao Xiao, gadis dari keluarga kaya berusia 24 tahun. Qu adalah gadis yang berwatak ceplas-ceplos dan blak-blakan. Masa mudanya dihabiskannya untuk berhura-hura dengan teman-temannya. Belakangan Ia memutuskan untuk memulai bisnisnya sendiri, demi menghalangi agar warisan keluarga tidak jatuh ke tangan Kakak Tirinya yang berandalan.

Qu Xiao Xiao Diperankan Oleh Olivia Wang Zi Wen 

Qu Xiao Xiao diperankan oleh Olivia Wang Zi Wen. Olivia adalah Aktris Berbakat yang terkenal dengan filmnya When A Snail Fall In Love. Berkat kesuksesan dari Ode To Joy, sekarang Olivia sudah identik dengan Qu Xiao Xiao. Itu karena Olivia sangat sukses menghidupkan karakter Qu Xiao Xiao, sebuah karakter yang dibenci sekaligus disayangi orang. Olivia pernah menyatakan, bahwa Ia tidak ingin bermain sebagai Qu Xiao Xiao lagi, tapi image karakter ini sudah terlanjur melekat pada Olivia dan para penggemarnya protes. Akhirnya, Olivia gagal resign dari perannya ini.

Olivia Wang Zi Wen
 
Qiu Ying Ying, seorang gadis berusia 23 tahun yang lugu, polos dan terbuka, tapi sembrono. Ia datang ke Shanghai untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Ia bekerja sebagai staf di sebuah perusahaan. Kepolosannya sering dimanfaatkan oleh  orang yang berniat buruk padanya. Ia sering baru tersadar setelah nasi sudah menjadi bubur. Walaupun begitu, Ia adalah seorang gadis yang ceria dan baik hati.

Qiu Ying Ying Diperankan Oleh Andy Yang Zi 

Qiu Ying Ying diperankan oleh Andy Yang Zi. Andy adalah mantan Aktris Cilik yang sekarang sudah menjadi Aktris tenar. Film-filmnya yang hits antara lain, Battle Of Chang Sha, Noble Aspirations, Legend of Dragon Pearl, Ashes Of Love, The Destiny Of White Snake, dsb. Di dalam film Ode To Joy, karakter Qiu Ying Ying juga melekat pada diri Andy. Sehingga susah tergantikan oleh Aktris lain. Andy juga mempunyai bakat sebagai Penyanyi dan Ia pun ikut menyanyikan soundtrack dari serial ini.

Andy Yang Zi 

Guan Ju Er, gadis alim berusia 22 tahun yang bekerja magang sebagai Penerjemah di kota Shanghai. Guan berasal dari keluarga terpelajar. Guan masih bingung menentukan arah hidup dan karirnya. Ia sangat kagum pada ke-4 rekannya yang Ia anggap sebagai panutan dan karena mereka memiliki keistimewaan masing-masing. Dan Ia juga ingin bisa seperti mereka.

Guan Ju Er Diperankan Oleh Bridgette Qiao Xin 

Guan Ju Er diperankan oleh Bridgette Qiao Xin. Bridgette melakukan breakthrough performance di serial Ode To Joy ini. Peran sebagai Guan Ju Er berhasil membuat Bridgette menjadi terkenal. Serial-serial Bridgette yang lain adalah Legend Of Nine Tails Fox, Nirvana In Fire 2, dsb. Selain itu, Bridgette juga bisa menyanyi dan Ia ikut menyanyikan soundtrack dari serial ini bersama ke-4 orang rekannya.

Bridgette Qiao Xin 

Bukan hanya filmnya yang terkenal, bahkan lagu-lagu soundtrack dari serial ini juga ikut terkenal. Masing-masing Aktris dan Aktornya mempunyai dan menyanyikan lagu-lagu mereka masing-masing. Ada lagu solo, ada juga lagu yang dinyanyikan oleh mereka secara bersama-sama.

Apakah masing-masing karakter ada pasangannya?

Tentu saja ada. Mari kita perkenalkan:

Qi Dian, seorang CEO yang membangun bisnisnya dari nol. Ia adalah Cinta pertama dari Andy.

Qi Dian Diperankan Oleh Zu Feng
 
Qi Dian diperankan oleh Zu Feng, seorang Aktor dan Sutradara Film yang terkenal dengan filmnya Lurk.

Zu Feng 

Zhao Qi Ping, seorang Dokter Ahli Tulang yang kehidupan karir dan pribadinya amat bertolak belakang. Hubungan asmaranya dengan Qu Xiao Xiao putus sambung beberapa kali.

Zhao Qi Ping Diperankan Oleh Wang Kai 

Zhao Qi Ping diperankan oleh Wang Kai, Aktor yang terkenal dengan filmnya Nirvana In Fire dan When A Snail Falls In Love.

Wang Kai 

Tan Zong Ming, Bos di mana Andy bekerja. Tan dan Andy adalah bekas teman sekolah. Tan sangat peduli pada Andy dan berusaha membantu Andy dalam menemukan Adiknya.

Tan Zong Ming Diperankan Oleh Jin Dong

Tan Zong Ming diperankan oleh Jin Dong, Aktor yang terkenal dengan filmnya The Disguiser, The First Half Of My Life, Mr.Right, dsb.

Jin Dong
 
Bao Yi Fan, seorang pewaris generasi kedua dari perusahaan keluarga Bao, yang merupakan cinta kedua dari Andy.

Bao Yi Fan Diperankan Oleh Yang Shuo 

Bao Yi Fan diperankan oleh Yang Shuo, yang naik daun berkat perannya di serial ini.

Yang Shuo 

Wang Bai Chuan, mantan teman kuliah Fan Sheng Mei yang sudah mencintai Fan semenjak kuliah. Wang berusaha mengejar Fan kembali setelah tahu Fan masih single. Wang adalah pria pekerja keras. Tapi tuntutan Fan kadangkala membuat Wang menjadi risih.

Wang Bai Chuan Diperankan Oleh Zhang Lu 

Wang Bai Chuan diperankan oleh Zhang Lu. Aktor ini juga menjadi terkenal berkat perannya di serial ini.

Zhang Lu

Ying Qin, seorang pria sederhana yang bekerja di bidang IT. Walaupun masih muda, namun Ia sudah mempunyai rumah, mobil dan penghasilan yang mapan. Ia merupakan pasangan dari Qiu Ying Ying. Ying adalah seorang pria konservatif yang menghargai keperawanan.

Ying Qin Diperankan Oleh Wu Hao Chen  

Ying Qin diperankan oleh Wu Hao Chen, Aktor yang ikut tenar berkat bermain di serial ini.

Wu Hao Chen 

Xie Tong, seorang pria yang berjuang dalam dunia musik. Ia berkenalan dengan Guan Ju Er dan menjadi pasangannya. Karena masa depannya yang tidak jelas, hubungan keduanya ditentang oleh orang tua Guan.

Xie Tong Diperankan Oleh Deng Lun 

Xie Tong diperankan oleh Deng Lun, Aktor yang dikenal berkat serial Ashes Of Love. Serial hits lainnya yang dibintangi olehnya, antara lain Because Of You, White Deer Plain, dsb.

Deng Lun 

Chen Jia Kang, seorang pengusaha yang tertarik dengan Fan Sheng Mei dan berusaha mengejarnya, membuat Wang Bai Chuan menjadi cemburu.
 
Chen Jia Kang Diperankan Oleh Johnny Chen Long
 
Chen Jia Kang diperankan oleh Johnny Chen Long, Aktor yang terkenal dengan serialnya Game Of Hunting.

Johnny Chen Long 

Berkat kesuksesannya, Ode To Joy direncanakan akan dibuat kembali Season Ketiganya. Akan tetapi di balik proses produksi Season Ketiga ini diwarnai dengan kabar yang tak sedap, bahwa ada 2 orang Aktris utamanya yang berniat tidak akan melanjutkan kembali perannya di Season Ketiga, yaitu Olivia Wang dan Andy Yang. Sehingga timbul desas-desus calon pengganti dari kedua orang Aktris ini. Sampai sekarang, belum ada kabar kelanjutan dari produksi untuk Season Ketiga ini.
 
Note:
 
Sumber Foto: https://sogou.com


**********

Cerita : ****
 
Pemain : ****

Parameter Review:

*****     : Hebat

****       : Bagus

***         : Menarik

**           : Biasa-biasa saja

*             : Jelek


Baca juga artikel-artikel menarik berikut ini:
 
 
 
 
 
 


No comments:

Post a Comment