Search This Blog:

Select Language To Translate Articles Here:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Thursday, December 3, 2020

Confusius 孔子 Adaptasi Kisah Konfusius Yang Paling Bagus !

Confusius

Ini drama tentang riwayat Konfusius yang paling bagus dan lengkap.

Very Recommended untuk ditonton !

Confusius

Konfusius atau Kong Zi  - 孔子 adalah seorang Guru dan Pendidik yang terkenal dalam sejarah negeri Tiongkok.

Sewaktu menonton drama ini, S-Mov gak merasa bosan sama sekali. Mengingat film seperti ini yang bagi sebagian orang pasti dirasa tidak menarik, bahkan ada yang merasa menjemukan. Tapi pas menonton, malah terasa mengasyikkan.

Confusius

Soalnya jarang bisa menyaksikan cerita hikayat dari tokoh besar yang terkenal dalam sejarah seperti Konfusius ini.

Sebagian besar orang zaman sekarang hanya mengenal namanya saja di buku sejarah, tapi tak banyak orang yang tahu tentang riwayat hidupnya.

Konfusius

Riwayat Konfusius dalam drama ini dibuat dengan sangat menarik. Tidak terasa bertele-tele atau dipanjang-panjangkan. Durasi episodenya cukuplah dari segi jumlah dan untung alur ceritanya juga tidak berjalan terlalu lamban. Jadi cukup menarik untuk diikuti.

Konfusius Dan Murid-Muridnya

Konfusius hidup di zaman Musim Semi - Musim Gugur. Di masa itu negeri Tiongkok masih terbagi-bagi atas sejumlah kerajaan kecil, yang mana selalu dalam keadaan berperang satu sama lainnya. Kerajaan-kerajaan tersebut belum berhasil disatukan menjadi sebuah negeri yang berdaulat sampai nanti pada zaman Dinasti Qin, negeri Tiongkok baru berhasil disatukan oleh Kaisar Qin Shi Huang.

Konfusius

Sejak kecil, hobi Konfusius adalah:

Beliau sangat menyukai segala sesuatu yang berhubungan dengan  etika, moralitas, kebajikan, tata krama, adat istidat, seni budaya tradisional, kesusasteraan dan ilmu tata negara, yaitu bagaimana cara mengelola sebuah negara agar rakyatnya bisa hidup makmur, aman dan sejahtera.

Konfusius Sedang Mengajar

Konfusius sangat pandai mengajar dan mendidik. Banyak orang yang tertarik untuk belajar darinya. Ia menerima dengan sukarela siapa pun yang berniat belajar darinya tanpa dipungut biaya atau imbalan sama sekali.

Selain mengajarkan tentang etika, tata krama, moralitas, adat istiadat, tradisi, filosofi dan seni budaya tradisional, Konfusius juga mengajarkan tentang kebajikan, kebenaran dan keadilan serta  menghormati dan berbakti kepada orang tua dan leluhur.

Konfusius Sedang Menghadap Raja

Semua ajaran Konfusius sangat benar, relevan dan bermanfaat dalam membentuk karakter dari setiap manusia untuk menjadi pribadi yang lebih baik, berasaskan kepada kemanusiaan, kebajikan, etika dan moralitas, kebenaran dan keadilan.

Saking terkenal dan harumnya nama Konfusius, Beliau pernah dimintai untuk menjadi pejabat kerajaan sekaligus penasihat dari Raja negeri Lu.

Konfusius (https://sina.com.cn)

Pada mulanya Raja Lu sangat menghargai jasa Konfusius. Karena selama Konfusius menjadi pejabat di negeri Lu, Ia telah memberikan kontribusi yang amat besar buat pemerintah dan rakyat negeri Lu.

Tapi sayang, Raja Lu terlalu banyak dikelilingi oleh pejabat yang jahat dan licik. Raja Lu dicekoki dengan wanita-wanita cantik, sehingga Raja larut dalam kesenangan dan mengabaikan pemerintahan. 

Konfusius Menghadap Selir

Konfusius tidak bosan-bosannya mengingatkan Raja, tapi karena hasutan dari para pejabat yang jahat itu, Raja menjadi sebal dengan Konfusius, karena Ia dianggap terlalu reseh. Raja pun tidak mau mendengarkan Konfusius lagi.

Pejabat-pejabat jahat sangat iri dengan Konfusius. Mereka takut Konfusius semakin berkuasa. Mereka juga takut Konfusius bisa membahayakan posisi mereka.

Iring-Iringan Perjalanan Konfusius

Karena sudah tidak mampu lagi menasihati Raja dan juga merasa tidak dihargai, Konfusius pun mengundurkan diri sebagai pejabat dan kembali fokus menjadi Guru. Murid-murid Konfusius pun menjadi semakin banyak.

Konfusius berpikir ingin mengamalkan ajarannya ke negeri-negeri lainnya. Ia pun berkeliling dari negeri yang satu ke negeri lainnya untuk menawarkan ajarannya kepada Raja-Raja dari negeri-negeri tersebut. 

Konfusius Di Masa Tua

Ada beberapa Raja yang tertarik untuk memakai jasa Konfusius.

Akan tetapi ketika mereka tahu, Konfusius bukan  menawarkan jasa sebagai penasihat militer, mereka ini menjadi kecewa. Mereka menolak mempekerjakan Konfusius, dengan alasan saat ini Mereka hanya membutuhkan jasa seorang penasihat militer atau ahli strategi militer, karena negara sedang berperang.

Selir Raja

Konfusius berusaha meyakinkan para Raja, bahwa ajarannya tetap releven dan cocok diterapkan dalam setiap situasi dan kondisi, akan tetapi mereka tetap tidak percaya.

Konfusius sangat kecewa. Ia pun pergi dan berkeliling lagi ke negeri lainnya. Tapi Ia juga ditolak di mana-mana dengan alasan yang sama.

Konfusius Di Masa Tua

Tercatat dalam sejarah, Konfusius berkelana selama puluhan tahun dalam menawarkan ajarannya, akan tetapi tidak ada Raja yang bersedia menerimanya. Adapun negeri-negeri yang sudah Beliau kunjungi adalah Wei, Zheng, Song, Qi, Chu, Cao, Chen dan Cai. Ia hanya gagal mengunjungi negeri Jin saja.

Sampai di sini, S-Mov merasa sangat kasihan dan iba kepada Konfusius, karena tidak ada penguasa yang menghargai ilmu-ilmunya. 

Para Cast Dari Confusius Berfoto Bersama

Sebaliknya, murid-muridnya bertambah semakin banyak. Ironis sekali bahwa yang bisa menghargainya hanyalah rakyat jelata saja.

Melihat Gurunya yang depresi, para murid utamanya mulai berinisiatif mengumpulkan semua ajaran Konfusius dalam bentuk tulisan, agar nantinya ajaran Konfusius bisa disebarkan ke seluruh pelosok negeri secara lebih luas.

Konfusius Dan Para Murid

Kumpulan tulisan Konfusius tersarikan dalam sebuah kitab yang berjudul Analektika Konfusius atau 论语 (Lun Yu), yang kita kenal sekarang.

Sayang, Konfusius tidak hidup di zaman sekarang. Beliau lahir di zaman yang salah. Jika Beliau lahir di zaman sekarang, mungkin ajaran Beliau akan lebih dihargai.

Salah Seorang Murid Konfusius

Buktinya, sekarang kita lihat, ajaran Konfusius dipelajari di mana-mana. Bahkan ajaran Beliau dijadikan sebuah Kepercayaan yang dinamakan sebagai Kepercayaan Kong Hu Cu yang  sekarang diakui sebagai sebuah aliran kepercayaan yang resmi  di sejumlah negara di Asia.
 
Winston Chao Zhao Wen Xuan Sbg Konfusius

Kalau Konfusius masih hidup saat ini, Beliau tentu bangga dan terhibur, bahwa ajarannya diterima, diakui, dipraktekkan dan bahkan  dijadikan sebagai sebuah aliran kepercayaan. 
 
Gallen Lo Luo Jia Liang Sbg Zi Gong

Konfusius diperankan oleh aktor watak, Winston Chao yang sangat cocok bermain sebagai Konfusius. Di dukung oleh Gallen Lo yang bermain sebagai Zi Gong, salah seorang murid utama dari Konfusius.
 
Konfusius

JUDUL:

CONFUXIUS - 孔子 (Kong Zi).

Tahun: 2010.

Genre: Legenda - Hikayat - Mitologi.

Jumlah Episode: 35.

Pemain:

Winston Chao (Zhao Wen Xuan) dan Gallen Lo (Luo Jia Liang).

Bisa ditonton di:

Youtube (subtitle mandarin).

Sayang tidak ketemu yang sub Indo dan sub Inggris.

Konfusius Dan Zi Gong

Konfusius Dan Murid

Konfusius

Selir Raja


Iring-Iringan Konfusius

Para Murid Mengiringi Perjalanan Konfusius

Konfusius Saat Tua

Konfusius Dalam Perjalanan


Note:
 
Sumber Foto: https://sogou.com



********

Cerita : ****

Pemain: ****

Parameter Review:

*****     : Hebat

****       : Bagus

***         : Menarik

**           : Biasa-biasa saja

*             : Jelek

 

Baca juga artikel-artikel menarik di bawah ini :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 


50 Aktris Televisi China Yang Paling Cepat Menanjak Saat Ini 

54 Aktor Televisi China Yang Paling Cepat Menanjak Saat Ini 

 

 

 

No comments:

Post a Comment