Search This Blog:

Select Language To Translate Articles Here:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, September 5, 2020

Review Resensi Sinopsis Drama China Winter Begonia 鬓边不是海棠红 Kisah Persahabatan Yang Indah Di Balik Pertunjukan Opera Peking

Winter Begonia

Winter Begonia


Winter Begonia - 鬓边不是海棠红 (Bin Bian Bu Shi Hai Tang Hong) termasuk drama yang unik. Unik temanya, unik pula kisahnya. Drama ini mengusung tema tentang Seni Opera China, yaitu Opera Peking. Kisah tentang seni opera memang jarang dibuat dan tak banyak dipertontonkan di dalam serial drama. 


Opera Peking merupakan pertunjukan seni lakon yang dimainkan secara langsung di atas panggung pertunjukan, diiringi dengan permainan instrumen musik klasik khas opera dengan para aktor dan aktris yang menyanyikan sendiri lagu-lagunya yang diiringi dengan dialog, tari-tarian atau aksi akrobatik.

Shang Xi Rui Dan Cheng FengTai

Untuk bisa memainkan Opera Peking secara bagus dan meyakinkan, tentu saja para aktor dan aktrisnya harus memiliki kemampuan khusus, baik dalam hal akting, kemampuan mengekspresikan mimik dan gerak tubuh khas opera, penguasaan atau keahlian dalam mengucapkan dialog, menyanyikan lagu, membawakan tarian serta yang paling mendasar adalah aktor aktrisnya harus memiliki suara yang indah khas pemain opera.


Jadi memang tidak mudah untuk memainkan Opera Peking.

Grup Opera Shui Yun Lou

Mengapa rakyat Tiongkok sangat suka menonton Opera Peking?

Grup Opera Shui Yun Lou Sedang Latihan

Karena di zaman itu, industri perfilman belum lahir. Jadi rakyat Tiongkok saat itu hanya bisa menonton pertunjukan opera sebagai hiburan. Jadi Opera Peking merupakan hiburan dan tontonan satu-satunya yang tersedia sebagai sarana hiburan bagi rakyat di masa itu.

Ruang Makan Untuk Penonton Opera

S-Mov akan membahas sedikit tentang sejarah dari Opera Peking di sini:

Gedung Pertunjukan Opera

Opera Peking lahir sekitar tahun 1636 – 1912 di masa pemerintahan Dinasti Qing dan mencapai masa kejayaannya pada pertengahan abad ke-19. Di masa itu, Opera Peking sangat populer di kalangan pejabat dan di lingkungan Istana, karena mereka sering mengundang para pemain opera untuk mengadakan pertunjukan di istana. Pusat berkumpulnya para grup-grup opera ada di kota Beijing (Peking), Tianjin dan Shanghai.

Kamar Rias Shui Yun Lou

Opera Peking disebut juga Jing Ju (京剧) karena Opera Peking memang lahir di kota Beijing.

Pertunjukan Opera Shang Xi Rui

Berdasarkan asalnya, Opera Peking terdiri dari beberapa jenis, yaitu Opera Hui, Opera Kunqu, Opera Qinqiang dan Opera Han. Masing-masing memiliki ciri khasnya tersendiri.

Gedung Opera Shui Yun Lou

Ada 4 jenis peran di dalam Opera Peking, yaitu Sheng (pemeran pria), Dan (pemeran wanita), Jing (pemeran pria yang kasar) dan Chou (pemeran badut).

Gedung Opera Shui Yun Lou

Demikian sedikit info terkait dengan Opera Peking.

Kamar Rias

Kita kembali lagi tentang drama Winter Begonia.

Pertunjukan Opera Shang Xi Rui

Kisah Winter Begonia mengambil latarbelakang Beijing di masa tahun 1930-an,  menceritakan tentang persahabatan yang indah antara 2 orang pria, yaitu Cheng Feng Tai dan Shang Xi Rui.

Shang Xi Rui Sedang Latihan

Cheng Feng Tai adalah seorang pengusaha yang sukses. Ia adalah seorang pria yang berpendidikan tinggi, yang pernah menuntut pendidikan di luar negeri. Ia lahir dari keluarga berada. Ia mempunyai seorang Kakak Perempuan dan seorang Adik Perempuan. 

Shang Xi Rui Sedang Merias Wajah

Ayah Cheng memiliki 2 orang Istri dan Cheng adalah anak dari Istri yang kedua. Ibu Kandung Cheng adalah seorang Aktris Opera. Ibunya tak bahagia dan bercerai dengan Ayah Cheng untuk kembali lagi ke dunia opera. Ibunya pergi meninggalkan keluarga saat Cheng masih anak-anak.

Shang Xi Rui Sedang Latihan

Kemudian Keluarga Cheng Jatuh bangkrut dan memiliki utang yang sangat banyak. Demi membayar lunas utang-utang keluarga, Cheng Feng Tai dan  Kakak Perempuannya terpaksa berkorban. Kakak Perempuan Cheng terpaksa menjadi Istri kesekian dari seorang Pejabat Militer yang kaya dan berkuasa. 

Shang Xi Rui Sedang Dirias

Cheng Feng Tai sendiri juga terpaksa meninggalkan cita-cita atau impiannya dengan menikahi seorang wanita dari keluarga kaya yang berpengaruh. Dari pernikahannya ini Cheng Feng Tai memiliki seorang anak.

Pertunjukan Opera Shang Xi Rui

Walaupun tidak ada perasaan cinta pada Istrinya ini, rumah tangga Cheng Feng Tai berjalan cukup rukun dan harmonis. Ia tetap menyayangi Istri dan anaknya. Ia merupakan sosok Suami yang bertanggungjawab terhadap keluarga. 

Pertunjukan Opera Shang Xi Rui

Bisnis keluarga Istrinya juga diurus semua oleh Cheng. Dan Cheng cukup piawai sebagai seorang Pengusaha. Terbukti Ia mampu memajukan perusahaan keluarga mereka sehingga bertambah jaya dan kekayaan keluarga mereka pun semakin berlipatganda.

Pertunjukan Opera Shang Xi Rui

Sejak kecil Cheng sering melihat Ibunya bermain opera dan sejak itu pula timbul obsesi tersembunyi di hati Cheng terhadap dunia opera. Sampai Ia sudah berkeluarga pun, Ia masih merindukan sosok Ibunya itu dan lewat operalah kenangan tentang Ibunya muncul kembali.

Pertunjukan Opera Shang Xi Rui

Shang Xi Rui adalah seorang pemuda yang amat berbakat dalam bermain opera. Ayahnya adalah pemimpin dari grup opera yang cukup ternama. Saat Ia menginjak remaja, Ayahnya meninggal dunia dan Ia pun mewarisi grup opera peninggalan Ayahnya. Ternyata pemuda ini mampu mengelola grup opera peninggalan Ayahnya dengan baik. Pertunjukan opera mereka cukup sukses dan Shang memiliki banyak penggemar setia yang senang menonton pertunjukannya.

Pertunjukan Opera Shang Xi Rui

Shang Xi Rui sejak muda mempunyai obsesi untuk sukses di dunia opera. Ia ingin memiliki gedung pertunjukan opera milik sendiri, di mana Ia bisa mendidik calon-calon pemain yang berbakat dalam bermain opera. Tapi Ia belum bisa mewujudkan hal ini karena grup operanya belum memiliki modal yang cukup.

Pertunjukan Opera Shang Xi Rui

Suatu kali Cheng Feng Tai menyaksikan pertunjukan opera yang dibawakan oleh grup opera milik Shang Xi Rui. Saat menonton pertunjukan Shang Xi Rui ini, Cheng Feng Tai seperti melihat Ibunya yang sedang bermain opera. Shang Xi Rui memang Aktor opera yang sering memainkan peran sebagai wanita. Pertunjukan opera Shang telah memberi kesan yang amat mendalam bagi Cheng.

Pertunjukan Opera Shang Xi Rui

Sejak itu Cheng sering mampir untuk menonton opera yang dimainkan oleh Shang. Mereka pun saling berkenalan dan akhirnya berhasil menjadi sahabat baik.

Pertunjukan Opera Shang Xi Rui

Cheng bisa melihat bakat opera dari Shang. Melihat Shang yang begitu berdedikasi terhadap seni opera, Cheng pun teringat kembali pada Ibunya. Obsesi terpendamnya terhadap dunia opera pun bangkit kembali. Cheng pun memutuskan untuk membantu Shang mewujudkan impiannya itu.

Pertunjukan Opera Shang Xi Rui

Diam-diam tanpa sepengetahuan Istrinya, Cheng pun menanamkan saham pada grup opera yang dipimpin oleh Shang Xi Rui itu. Ia pun mendirikan gedung opera Shui Yun Lou untuk Shang dan sekaligus menjadikan dirinya sebagai pemilik dari Shui Yun Lou. Bukan itu saja, Ia pun membantu Shang membenahi manajemen operasional dari grup operanya itu, karena Shang hanya bisa bermain opera saja, tapi tidak memiliki kemampuan dalam hal manajemen.

Pertunjukan Opera Shang Xi Rui

Setelah Shui Yun Lou berdiri, pertunjukan opera Shang Xi Rui menjadi semakin terkenal. Lewat serangkaian pertunjukan opera yang menarik, Ia berhasil mengumpulkan banyak uang dan penggemar.

Shang Xi Rui dan Xiao Lai

Shang Xi Rui juga berhasil mengungguli performa dari Aktor opera yang menjadi saingannya. Bahkan Ia berhasil terpilih sebagai Ketua baru dari seluruh asosiasi perkumpulan opera di China.

Cheng Feng Tai

Keterlibatan dan perhatian Cheng Feng Tai yang besar dan semakin intens terhadap Shui Yun Lou, akhirnya tercium oleh Istri Cheng Feng Tai yang bernama Fan Xiang Er. Wanita ini tidak suka suaminya terlibat terlalu dalam di dalam dunia opera. Istri Cheng ini termasuk wanita yang agak kolot dan konservatif. Ia bahkan agak cemburu melihat kecintaan suaminya terhadap Shui Yun Lou. Karena sentimen, Ia pun datang melabrak Shang Xi Rui di Shui Yun Lou.

Cheng Feng Tai Dan Anggota Shui Yun Lou

Melihat sikap Istrinya ini, Cheng berusaha bersikap sabar dan sedikit demi sedikit Ia berusaha memberi pengertian kepada Istrinya itu, akan tetapi Istrinya tetap tidak bisa menerimanya. Cheng pun membiarkan Istrinya dan tidak mau memaksakan kehendaknya. 

Cheng Feng Tai Dan Fan Xiang Er

Melihat obsesi suaminya yang begitu besar terhadap dunia opera, akhirnya Istri Cheng pun terpaksa mengalah dan tidak melarang suaminya lagi, karena Ia tidak ingin keadaan ini akan mengganggu keharmonisan rumah tangga mereka.

Cheng Feng Tai Dan Shang Xi Rui

Keharuman nama dari Shui Yun Lou menimbulkan perasaan cemburu dari Ketua Asosiasi Perkumpulan Opera yang lama, yaitu Jiang Rong Shou dan puteranya, Jiang Deng Bao. Ayah beranak ini sering menggerocoki Shui Yun Lou dan selalu berusaha untuk menjatuhkan reputasi dari Shang Xi Rui. Tetapi untung saja usaha mereka tak pernah berhasil.

Cheng Feng Tai Dikerubuti Anak-Anak

Di bawah perlindungan dan dukungan dari Cheng Feng Tai, Shui Yun Lou bisa berdiri dengan aman dan siapa pun yang berusaha ingin menjatuhkan grup opera Shang Xi Rui ini akan selalu menemui jalan buntu. Karena bukan saja kuat dalam hal permodalan, Cheng Feng Tai pun memiliki relasi dan koneksi yang kuat yang mendukungnya di belakangnya, yaitu Kakak Iparnya yang merupakan Perwira Militer yang berkuasa di Beijing.

Cheng Feng Tai Dan Fan Lian

Lewat serangkaian peristiwa dan kemelut yang terjadi di dunia Opera Peking, ikatan persahabatan antara Cheng Feng Tai dan Shang Xi Rui menjadi semakin erat. Persahabatan di antara mereka bahkan melebihi ikatan persaudaraan antara sesama saudara kandung. Mereka saling menghormati dan mengasihi satu sama lainnya dan rela berkorban demi kebahagiaan sahabatnya.

Cheng Feng Tai Dan Shang Xi Rui

Beberapa tahun kemudian, negeri China mulai kedatangan tentara Jepang yang bermaksud menjajah negeri itu. Kedatangan tentara Jepang menandai dimulainya sejarah hitam di negeri China. Tentara Jepang melakukan kekacauan di mana-mana.

Cheng Feng Tai Dan Grup Opera Shui Yun Lou

Peristiwa ini juga berdampak pada kehidupan Cheng Feng Tai dan Shang Xi Rui. Walaupun keduanya berjiwa patriot, akan tetapi keduanya menyadari, bahwa mereka tidak bisa melawan penjajah Jepang.

Cheng Feng Tai Suami Istri

Penguasa Jepang mengancam dan menekan semua grup opera di China untuk mempertunjukan dan memperkenalkan Opera Kabuki asal Jepang kepada seluruh rakyat di China. Yang menentang langsung dijebloskan ke dalam penjara atau langsung dibunuh.

Cheng Feng Tai Suami Istri

Penguasa Jepang juga mengancam dan menekan Cheng Feng Tai untuk mau bekerjasama dengan Jepang dalam hal bisnis dan logistik. Jepang tahu Cheng Feng Tai memiliki akses dan prasarana yang bagus dan lancar dalam berbisnis. Jepang ingin memanfaatkan akses ini dari Cheng. Cheng Feng Tai tahu, bahwa jika Ia menolak secara terang-terangan, maka keselamatan dirinya dan keluarganya akan ikut terancam.

Cheng Feng Tai Dan Shang Xi Rui

Karena tahu kehidupan dan bisnisnya tak bisa dipertahankan lebih lama lagi di Beijing, Cheng Feng Tai pun memutuskan untuk membawa keluarganya pindah ke Hongkong. Karena Hongkong saat itu berada dalam kekuasaan Inggris, jadi Jepang tidak akan berani masuk ke Hongkong dan mengganggu Inggris.

Penonton Sedang Menonton Opera

Cheng Feng Tai mengajak Shang Xi Rui untuk ikut pindah ke Hongkong bersamanya. Akan tetapi Shang tidak mau ikut Cheng ke Hongkong. Karena dunia opera adalah hidupnya, dan hidupnya hanya untuk dunia opera. Beijing adalah kota di mana Opera Peking bisa hidup dengan jaya. Shang pun menolak ajakan dari Cheng.

Shang Xi Rui Sedang Menghukum Jiang Deng Bao

Akan tetapi Shang berjanji, apabila nanti Ia tidak bisa bermain opera lagi, maka Ia akan pergi mencari Cheng di Hongkong. Mendengar keputusan Shang ini, Cheng pun kecewa, akan tetapi Ia tidak bisa memaksa sahabatnya ini.

Shang Xi Rui  Jiang Deng Bao Dan Xiao Lai

Bagaimana akhir dari kisah Cheng Feng Tai dan Shang Xi Rui ini?

Cheng Feng Tai Dan Shang Xi Rui

Apakah mereka akan menyerah dan mengikuti keinginan dari penguasa Jepang?

Ruang Dalam Shui Yun Lou

Silahkan tonton saja sendiri dramanya, ya !

Set Dalam Winter Begonia

Winter Begonia diproduksi oleh Huan Yu Film & Television serta  Jumo Film & Television. Diproduseri oleh Ma Tian, Wang Xiao Hui dan Yang Le. Dengan Yu Zheng dan Dai Ying yang menjadi Executive Producer-nya.

Xiao Lai Membantu Shang Xi Rui Berpakaian

Drama ini terdiri dari 49 episode dan merupakan hasil adaptasi dari Web Novel yang berjudul Temple Sides Are Not Begonia Red karya Shui Ru Tian  Er.

Shang Xi Rui Bersama Anggota Shui Yun Lou

Aslinya novel ini mengusung tema romance antara pria. Akan tetapi berhubung faktor sensor yang ketat di negeri China, maka tema ini diganti menjadi Bromance agar bisa lolos sensor. Bromance artinya persahabatan yang erat antara sesama pria yang melebihi sekedar teman atau bahkan saudara kandung.

Cheng Feng Tai Dan Shang Xi Rui

Drama ini disutradarai oleh Hu Kai Dong dan skenarionya ditulis oleh sebuah tim yang terdiri dari pengarangnya sendiri, yakni Shui Rui Tian Er bersama Yu Zhou dan Jiu Ren.

Shang Xi Rui Dan Xiao Lai

Drama ini ditayangkan oleh Iqiyi mulai tanggal 20 Maret 2020 – 05 Mei 2020. Iqiyi juga yang memegang hak distribusinya di China. Sedangkan Distribusi Internasionalnya dipegang oleh Viki. Drama ini juga ditayangkan menyusul oleh Beijing TV mulai tanggal 07 Agustus 2020.

Shang Xi Rui Dan Du Qi

Syuting dilakukan di Hengdian World Studios dari bulan Desember 2018 sampai dengan bulan April 2019.

Shang Xi Rui Di Penjara

Pihak Produser sengaja mengundang Master Opera Peking, Bi Gu Yun yang berusia 90 tahun sebagai Konsultan untuk drama ini. Tugasnya melatih Aktor Andrew Yin Zheng yang memerankan Shang Xi Rui untuk belajar bermain opera secara khusus selama 1 bulan.

Shang Xi Rui Di Penjara

Produser juga mengundang grup Opera Hui dan Sutradara Opera Kunqu untuk menyutradarai pertunjukan opera di dalam drama ini.

Shang Xi Rui Di Penjara

Pihak Studio juga khusus membangun set untuk Chengfu Pavilion dan Shui Yun Tower. Kedua buah panggung opera di dalam drama merupakan hasil rekonstrusi dari Beijing Guangzhou Hall dan Hu Guang Hall.

Shang Xi Rui Di Penjara

Lebih dari 200 set kostum disiapkan oleh tim produksi drama ini. Make-up dan tata rambut untuk para Aktor juga disupervisi oleh para ahli yang profesional di dalam bidang opera seperti Guru Opera. Tim Desain Artistik dipimpin oleh Luan He Xin. Tim Desain Busana dipimpin oleh Song Xiao Tao dan Li An Qi serta Tim Tata Rias dipimpin oleh Li Xiao Li.

Cao Gui Xiu Dan Cheng Mei Xin

Opening Theme Song dari drama ini berjudul Winter Begonia – 鬓边不是海棠红 dinyanyikan oleh Lu Hu – 陆虎.

Anggota Shui Yun Lou

Ending Theme Song-nya berjudul This Life 此生 dinyanyikan oleh Xin.

Set Di Winter Begonia

This Life At This Time – 此生此时 dinyanyikan oleh Wang Yi Zhe.

Fan Lian  Jiang Meng Ping Dan Chang Zhi Xin

Begonia – 海棠 dinyanyikan oleh Zhen Jun Hong.

Di Kediaman Jiang Rong Shou

Saat ditayangkan, drama ini mendapat sambutan yang bagus dari para pemirsa dan rating yang diperoleh juga cukup bagus. Drama ini juga termasuk Top Rating 10 Drama China Yang Paling Banyak Ditonton pada bulan April 2020.

Di Kediaman Cheng Feng Tai

Kedua orang Aktor utamanya, yaitu Huang Xiao Ming dan Yin Zheng juga memperoleh pujian untuk penampilan dan akting mereka di dalam drama ini.


Drama ini juga dipuji untuk jalan ceritanya yang apik serta gambar visualnya yang menawan.

Cheng Feng Tai Dan Anak

Drama ini juga mendapat review yang bagus, karena dinilai telah ikut memperkenalkan atau mempromosikan Opera Peking sebagai salah satu seni budaya tradisional China tempo doeloe yang populer.

Ning Jiu Long

Para Pemeran Utama dalam drama ini:

Huang Xiao Ming – 黄晓明 sebagai Cheng Feng Tai.

Huang Xiao Ming sbg Cheng Feng Tai

Huang Xiao Ming

Saat Ceng Ai Yu, seorang wanita penghibur melahirkan seorang bayi yang merupakan anak dari Adik Ipar Cheng yaitu Fan Lian, Cheng pun berbaikhati rela mengadopsi anak tersebut sebagai anaknya sendiri. Ini karena Fan Lian tidak mau bertanggungjawab terhadap bayi tersebut. Itu juga karena Ceng Ai Yu, Ibu dari si bayi yang tidak sanggup merawat dan membesarkan bayinya.

Cheng Feng Tai

Cheng Feng Tai

Cheng Feng Tai

Peristiwa ini menimbulkan konflik di dalam rumah tangga Cheng sendiri. Karena Istri Cheng menjadi salah paham. Dikiranya bayi itu adalah anak Cheng dari selingkuhannya.

Cheng Feng Tai

Cheng Feng Tai

Huang Xiao Ming, aktor yang angkat nama berkat perannya di drama Shanghai Bund 2007 dan The Return Of The Condor Heroes 2006 ini kembali sukses membawakan peran sebagai Cheng Feng Tai, Pengusaha yang terobsesi dengan Opera Peking.

Cheng Feng Tai
 
Cheng Feng Tai

Andrew Yin Zheng – 尹正 sebagai Shang Xi Rui.

Andrew Yin Zheng Sbg Shang Xi Rui

Andrew Yin Zheng

Shang Xi Rui

Shang Xi Rui

Bagi Shang Xi Rui, opera adalah hidupnya. Bahkan lebih berharga daripada jiwanya. Ketika Ia diancam dengan todongan pistol di kepalanya, Ia ditanya oleh pengancamnya, Pilih nyawa atau Opera? Ia pun menjawab tanpa ragu, Opera.

Shang Xi Rui

Shang Xi Rui

Shang Xi Rui

Andrew Yin Zheng bukanlah Aktor populer dalam Drama China. Ia juga bukanlah pilihan utama untuk peran Shang Xi Rui ini. Karena Aktor pilihan Produser tidak bersedia menerima peran ini, maka peran ini jatuh kepadanya. Ia berjuang untuk mendapatkan peran ini. Ia melamar peran ini dan meyakinkan Produser, bahwa Ia mampu memainkan peran ini dengan baik, dan Ia rela untuk tidak menerima imbalan tinggi untuk perannya ini. 

Shang Xi Rui

Shang Xi Rui

Shang Xi Rui

Shang Xi Rui

Shang Xi Rui

Shang Xi Rui

Shang Xi Rui

Charmaine Sheh (Yu Shi Man) – 余诗曼 sebagai Fan Xiang Er.

Charmaine Sheh Sbg Fan Xiang Er

Charmaine Sheh

Fan Xiang Er adalah Istri Cheng Feng Tai yang kolot dan konservatif. Walau begitu Ia adalah seorang wanita yang smart, kuat dan mandiri. Ia juga memiliki kapabilitas yang tinggi dalam dunia bisnis. Saat Cheng Feng Tai tidak ada di sisinya, Ia mampu mengelola sendiri bisnis keluarganya dengan sangat baik.

Fan Xiang Er

Fan Xiang Er

Fan Xiang Er

Fan Xiang Er

Fan Xiang Er

Charmaine Sheh adalah Aktris Kawakan dari Hongkong TVB yang melebarkan sayap karirnya ke China. Di China, Ia sudah menghasilkan beberapa judul drama yang sukses, antara lain Story Of Yanxi Palace, Winter Begonia dan yang terbaru The Legend Of Xiao Chuo.

Fan Xiang Er

Fan Xiang Er

Fan Xiang Er

Fan Xiang Er

Para Pemain Supporting Roles:

Yalkun Merxat – 米热 sebagai Fan Lian, Adik Fan Xiang Er.

Yalkun Merxat Sbg Fan Lian

Fan Lian adalah seorang pria yang tak berguna di dalam keluarga. Hidupnya hanya berhura-hura dan bersenang-senang saja. Ia juga malas dan tidak becus dalam berbisnis. Maka Ia pun kelabakan ketika wanita yang Ia kencani ternyata hamil anaknya. Sejak itu Ia harus mulai belajar hidup sebagai seorang pria yang bertanggungjawab.

Fan Lian

Merxat adalah Aktor kelahiran Urumqi, Xinjiang dari etnis Uyghur. Jadi tak heran jika Ia memiliki ketampanan khas pria Uyghur. Ia dikenal lewat drama Legend Of Yunxi.

Fan Lian

Liu Min sebagai Cheng Mei Xin, Kakak Perempuan Cheng Feng Tai.

Liu Min Sbg Cheng Mei Xin

Demi menyelamatkan keluarga dari utang setelah ayah mereka meninggal, Cheng Mei Xin terpaksa merelakan dirinya dinikahi oleh Perwira Militer yang kaya dan berkuasa. Dari pernikahan ini, Ia tidak memiliki keturunan. Padahal putra dari suaminya yang juga seorang perwira militer juga mencintainya.

Cheng Mei Xin

Liu Min adalah Aktris yang sering bermain sebagai supporting role dalam Drama China.

Zhang Yi Xi – 张译兮 sebagai Cha Cha Er, Adik Perempuan Cheng Feng Tai.

Zhang Yi Xi Sbg Cha Cha Er

Tadinya Fan Xiang Er tidak setuju jika Cha Cha Er bersekolah. Akan tetapi Cha Cha Er tetap ngotot dengan keinginannya. Cheng Feng Tai yang pernah mengenyam pendidikan barat akhirnya mengabulkan keinginan adiknya itu. Setelah Cha Cha Er bersekolah, pandangan hidup Cha Cha Er pun berubah dan akhirnya gadis ini pun pergi meninggalkan keluarga dan bergabung dengan para pejuang revolusi untuk membela negara.

Cha Cha Er

Zhang Yi Xi, aktris muda ini belum begitu populer dan Ia sering kebagian peran sebagai pemeran pendukung saja.

Hei Zi – 黑子 sebagai Cao Si Ling, suami Cheng Mei Xin.

Hei Zi atau Zhang Yong Gang Sebagai Cao Si Ling

Cao Si Ling adalah Perwira Tinggi yang berkuasa di bidang militer. Ia juga kaya raya dan mempunyai banyak Istri. Ia tergoda untuk menjadi Pengkhianat negara dengan bekerjasama dengan pihak Jepang. Tapi akhirnya Ia berubah pikiran, ketika Ia mulai sakit-sakitan dan juga berkat bujukan istrinya, Cheng Mei Xin.

Cao Si Ling

Hei Zi atau Zhang Yong Gang, Aktor ini dikenal lewat permainannya sebagai Xie Xun Si Singa Rambut Emas dalam drama wuxia Heavenly Sword And Dragon Slaying Sabre 2019 dan Wang Wu, Si Golok Besar dalam drama kungfu Heroes.

Tang Zeng – 唐曾 sebagai Cao Gui Xiu, putra dari Cao Si Ling.

Tang Zeng Sbg Cao Gui Xiu

Cao Gui Xiu tidak pernah akur dengan Ayahnya, Cao Si Ling. Sebenarnya Cao Gui Xiu menaruh hati terhadap Cheng Mei Xin. Akan tetapi ketika Ia tahu wanita ini telah dinikahi oleh Ayahnya, Ia pun mundur teratur. Akan tetapi, diam-diam Ia masih mencintai wanita ini.

Cao Gui Xiu

Tang Zeng adalah Aktor yang dikenal lewat drama Moon Embracing The Star dan I Can’t Stand Being Waiting.

Cao Gui Xiu

Michelle Bai Bing – 白冰 sebagai Jiang Meng Ping, Kakak Seperguruan Shang Xi Rui.

Michelle Bai Bing Sbg Jiang Meng Ping

Jiang Meng Ping meninggalkan dunia opera karena ingin menikah dan mengubah nasibnya. Shang Xi Rui pernah mengagumi sekaligus mencintai Jiang Meng Ping, Kakak Seperguruannya ini. Akan tetapi setelah Jiang Meng Ping kawin lari dengan Chang Zhi Xin, cinta Shang Xi Rui pun berubah menjadi benci.

Jiang Meng Ping Dan Fan Xiang Er

Bai Bing, Aktris ini dikenal lewat drama The Dream Of Red Mansions, The Myth 2010, dan Painted Skin: The Resurrection 2013.

Chi Shuai – 迟帅 sebagai Chang Zhi Xin, Suami dari Jiang Meng Ping.

Chi Shuai Sbg Chang Zhi Xin

Chang Zhi Xin sangat protektif terhadap Istrinya, Jiang Meng Ping. Bertahun-tahun mereka menikah tetapi belum dikaruniai keturunan. Padahal Chang Zhi Xin sangat menyukai anak-anak. Tapi Jiang Meng Ping akhirnya bisa mengandung juga setelah menunggu lama.

Chang Zhi Xin Dan Jiang Meng Ping

Chi Shuai adalah Aktor yang dikenal lewat drama General Xue Ding Shan, The Four Brothers Of Peking dan Symphony Of Fate.

Tang Jing Mei – 汤晶媚 sebagai Ceng Ai Yu, Istri tak syah dari Fan Lian.

Tang Jing Mei Sbg Ceng Ai Yu

Ceng Ai Yu adalah wanita simpanan Fan Lian. Ketika Ia mengandung anak Fan Lian, pria ini langsung menghilang dan tak mempedulikannya lagi. Ceng Ai Yu akhirnya menitipkan bayinya kepada Cheng Feng Tai untuk dirawat.

Fan Lian Dan Ceng Ai Yu

Tang Jing Mei adalah Aktris yang dikenal lewat drama God Of Lost Fantasy, The Origin Of Love dan Mind The Gap.

Eva Huang Sheng Yi – 黄圣依sebagai Gu Da Li, Istri tidak sah dari Cao Gui Xiu.

Eva Huang Sheng Yi Sbg Gu Da Li

Gu Da Li adalah Bandit wanita yang menjadi pemimpin dari kelompok bandit yang sering merampok pedagang yang melewati jalan di mana mereka bersarang. Gu Da Li pernah merampok Cheng Feng Tai saat Ia sedang mengawal barang bisnisnya di jalan. Bandit wanita ini memaksa Cheng Feng Tai untuk menjadi suaminya. Tapi untung Cheng berhasil diselamatkan oleh Cao Gui Xiu dan pasukannya. Buntut-buntutnya Bandit wanita ini malah dijadikan Istri oleh Cao Gui Xiu.

Gu Da Li

Gu Da Li

Eva Huang adalah Aktris yang dikenal lewat drama Sword Stained With Royal Blood, The Shadow Of Empress Wu, Love You Thousands Of Silk dan Young Emperor Kangxi.

Gu Da Li

Jin Shi Jie – 金士杰 sebagai Jiang Rong Shou, Ketua Lama Asosiasi Opera Tiongkok.

Jin Shi Jie Sbg Jiang Rong Shou

Jiang Rong Shou adalah Ketua Asosiasi Perkumpulan Opera Tiongkok yang membenci Shang Xi Rui. Ia juga memiliki grup opera sendiri, tapi grup operanya kalah pamor dari opera Shang Xi Rui. Ini membuatnya iri hati dan terus berusaha untuk menjatuhkan Shang Xi Rui.

Jiang Rong Shou

Jin Shi Jie adalah Aktor senior yang sudah banyak bermain drama. Ia juga sering kebagian peran sebagai tokoh antagonis dalam drama. Drama terakhir yang Ia bintangi adalah Imperfect Love, The Eight, Mr Delicious, Miss Match dan Detective.

Jiang Deng Bao Dan Jiang Rong Shou

Roy Wang Xi Chao – 汪汐潮 sebagai Jiang Deng Bao, putra dari Jiang Rong Shou.

Roy Wang Xi Chao Sbg Jiang Deng Bao

Jiang Deng Bao

Sama seperti Ayahnya, Jiang Rong Shou, Jiang Deng Bao juga membenci Shang Xi Rui. Ia sering menghasut Ayahnya untuk mencelakai Shang Xi Rui. Ia tidak mempunyai bakat yang besar di bidang seni opera, makanya grup opera Ayahnya kalah bersaing dengan Opera Shui Yun Lou milik Shang Xi Rui.

Jiang Deng Bao

Jiang Deng Bao

Roy Wang adalah Aktor yang dikenal lewat peran-peran supporting roles dalam drama Mr. Honesty, Legacy dan Song Of Youth.

Jiang Deng Bao

Jiang Deng Bao

Tan Jian Ci – 檀健次 sebagai Chen Ren Xiang, Aktor Opera saingan Shang Xi Rui.

Tan Jian Ci Sbg Chen Ren Xiang

Chen Ren Xiang

Chen Ren Xiang adalah keponakan dari Jiang Rong Shou. Chen sengaja disodorkan oleh Pamannya untuk bertanding opera dengan Shang Xi Rui. Jiang Rong Shou sangat mempercayai bakat seni opera yang dimiliki oleh keponakannya ini bisa mengalahkan Shang Xi Rui. Sialnya, Chen Ren Xiang tidak mampu mengemban tugasnya dengan baik.

Chen Ren Xiang

Tan Jian Ci adalah Aktor yang dikenal lewat drama Secret Of Three Kingdoms, Never Gone, Detective Of Nanluo dan Winner Is King.

Chen Ren Xiang

Li Ze Feng – 李泽锋 sebagai Du Luo Zi/Du Qi, Penulis Naskah Opera.

Li Ze Feng Sbg Du Qi

Du Qi adalah Penulis Naskah Opera yang hanya menulis khusus untuk Shang Xi Rui. Pria ini tidak bersedia menulis untuk grup opera lain, karena Ia merasa hanya grup opera Shui Yun Lou lah yang paling cocok memainkan naskah opera hasil karyanya.

Du Qi

Li Ze Feng adalah Aktor yang dikenal lewat drama Nothing But Thirty dan Yao Lan.

Li Chun Ai – 李春嫒 sebagai Xiao Lai, Pelayan dari Shui Yun Lou.

Li Chun Ai Sbg Xiao Lai

Xiao Lai adalah gadis yang mengurus rumah tangga dari grup Opera Shui Yun Lou. Ia juga sering menjadi asisten dari Shang Xi Rui. Xiao Lai adalah gadis yang rajin dan setia. Sayangnya, hidupnya berakhir tragis. Ia tewas dibunuh dan digilir oleh sekawanan tentara Jepang saat sedang pulang sendirian pada suatu malam.

Xiao Lai

Li Chun Ai, Aktris ini belum pernah bermain sebagai pemeran utama dalam Drama China. Ia selalu kebagian peran sebagai supporting roles. Drama terbaru yang Ia bintangi setelah Winter Begonia adalah Court Lady, Demi-Gods And Semi-Devils dan Dear Parents.

Anna Fang An Na – 方安娜 sebagai Shi Jiu, Aktris Opera Shui Yun Lou.

Anna Fang An Na Sbg Shi Jiu

Shi Jiu adalah Aktris Opera Shui Yun Lou yang setia. Walau ada beberapa rekan seprofesinya yang telah meninggalkan Shui Yun Lou, tapi gadis ini tetap setia dan memilih tetap tinggal.

Shi Jiu

Anna Fang adalah Aktris yang dikenal lewat Drama Taiwan Your Majesty. Drama terbaru yang dibintangi olehnya, antara lain Legacy dan Court Lady.

Andy Huang Xing Yuan – 黄星羱 sebagai Zhou Xiang Yun /Xiao Zhou Zi, Aktor Opera pewaris Shang Xi Rui.

Andy Huang Xing Yuan

Xiao Zhou Zi adalah pemuda remaja yang berbakat sebagai Aktor Opera. Sayangnya bakat Xiao Zhou Zi disia-siakan oleh Bos opera tempat Ia bernaung. Karena sifat Xiao Zhou Zi yang tidak percaya diri dan penakut, Bosnya suka menyiksanya. Bakatnya dilihat oleh Shang Xi Rui. Shang lalu menebusnya dan menyelamatkan hidup Xiao Zhou Zi. Lewat perjuangan, akhirnya Xiao Zhou Zi pun bisa bergabung dengan Opera Shui Yun Lou. Berkat gemblengan Shang Xi Rui, Xiao Zhou Zi pun sedikit demi sedikit berubah menjadi pemuda yang berani dan bisa diandalkan.

Xiao Zhou Zi

Andy Huang adalah Aktor remaja yang baru berusia 16 tahun. Ia dikenal lewat drama The Prince Of Tennis dan Oh, My Sweet Liar.

Cheng Feng Sbg Xue Qian Shan

Winter Begonia adalah sebuah drama yang unik. Jarang-jarang kita bisa menyaksikan drama yang berkisah tentang dunia Seni Opera. Adalah menarik menyaksikan berbagai ragam pertunjukan Opera Peking yang dimainkan oleh para Aktor-Aktrisnya di sini.

Xue Qian Shan Si Pemilik Surat Kabar

Kalau soal akting, para pemeran utamanya sudah bermain dengan bagus semuanya. Bermain Opera Peking itu tidak mudah, apalagi jika sang Aktor harus memainkan peran sebagai seorang wanita, yang dalam dunia opera, disebut dengan Dan. Selain harus bisa berakting, si Aktor juga harus bisa menyanyi dan menari. Dan yang pasti, suaranya itu harus pas dan khas. Entah Andrew Yin Zheng menggunakan suara aslinya atau tidak dalam menyanyikan opera? Tidak ada info yang menjelaskan tentang hal ini. Hebat, jika Ia menggunakan suara aslinya sendiri !

Du Chun Sbg Yuan Xiao Di  Si Aktor Opera

Filmnya sendiri tidak terlalu sama persis dengan cerita di dalam novel aslinya. Maklumlah, jika mau sama persis, maka yakinlah bahwa drama ini pasti tidak akan lolos sensor. Dan rasanya juga risih, kita disuguhi drama dengan tema percintaan antara sesama pria. Walaupun cukup bikin penasaran, pasti juga mengundang kontroversi, dan yang pasti bisa dicerca oleh para pemirsa.

Gao Yu Er Sbg Yu Qing  Si Aktris Opera

Tapi untung saja, drama ini dibelokkan ke tema Bromance. Jadi kita sebagai penonton bisa lega dan aman menontonnya.

Li Yi Xiao Sbg Cheng Mu  Ibu Cheng Feng Tai

Akan tetapi banyak pula orang yang masih salah kaprah terhadap makna sebenarnya dari kata Bromance ini. 

Ma Su Sbg Yue Ling

Lei Han Sbg Ning Jiu Long Mantan Aktor Opera

Bromance adalah hubungan persahabatan antara sesama kaum pria yang erat melebihi teman atau saudara.

Ning Jiu Long

Jadi para pembaca jangan salah kaprah ya dengan makna Bromance di sini.

Fan Xiang Er Dan Fan Lian Di Gedung Opera

Jadi jangan pula menolak atau antipati untuk menonton drama yang mengusung tema Bromance. Karena sama sekali tidak ada unsur-unsur atau hal-hal yang tidak normal di sini.

Fan Xiang Er Di Rumah

Sayang jika tidak menonton drama ini, hanya semata-mata karena temanya yang Bromance di sini. Rugi loh, karena ini adalah drama yang bagus dengan jalan cerita yang unik. Jarang-jarang kita bisa menonton drama seperti ini. Aman kok untuk ditonton!

Fan Xiang Er

Segala pernak-pernik tentang seni opera ditampilkan dengan indah di dalam drama ini, baik itu kostum, tata rias, tata rambut, tata musik, instrumen opera, tata panggung, tarian, nyanyian dan tentu saja akting dari para Aktornya.

Di Kediaman Fan Xiang Er

Walaupun S-Mov tidak paham tentang Opera Peking, akan tetapi S-Mov senang menonton pertunjukan opera di dalam drama ini. S-Mov malah merasa pertunjukan operanya kurang banyak di sini. S-Mov senang melihat permainan mimik wajah dari Andrew Yin sewaktu Ia bermain opera. Dandanannya juga cukup cantik. Cukup mirip dengan wanita. Bahkan dalam beberapa foto, Ia terlihat sangat cantik. Bahkan lebih cantik daripada wanita yang asli !

Cheng Feng Tai Dan Tamu

Alur ceritanya berjalan sedang. Tidak terlalu cepat juga tidak terlampau lambat. Skenarionya juga apik, karena sang pengarang novelnya juga ikut turun tangan membuatkan skenario dramanya. Mereka bekerja dalam satu tim.

Fan Xiang Er Dan Pelayannya

Persahabatan antara Cheng Feng Tai dan Shang Xi Rui di dalam drama ini cukup unik. Mereka ini bukanlah saudara kandung. Mereka cuma saling mengenal lewat opera. Yang satu penonton, yang satu pemain. Boleh di kata Cheng Feng Tai adalah penggemar setia dari Shang Xi Rui.

Di Kediaman Fan Xiang Er

Cheng Feng Tai mengagumi bakat sekaligus memuja Shang Xi Rui. Hal ini wajar karena saat Ia menonton Shang Xi Rui bermain opera, Ia seolah-olah melihat Ibunya yang bermain. Ia merindukan Ibunya yang meninggalkannya sejak Ia masih bocah. Setelah itu Ia tidak pernah bertemu lagi dengan Ibunya itu. Sampai Ibunya meninggal, mereka tidak pernah bertemu lagi.

Fan Xiang Er Dan Pelayan

Sebenarnya sejak kecil Ia sudah menyimpan obsesi terhadap seni opera. Akan tetapi Ia tidak bisa mewujudkan impiannya itu, karena jalan hidupnya berubah. Ia terpaksa harus melepaskan obsesinya itu, demi keselamatan keluarganya. Ia menjadi seorang Pengusaha, itu juga terpaksa. Karena Ia tidak lagi mempunyai pilihan yang lain.

Fan Xiang Er Dan Cheng Mei Xin

Jadi ketika Ia melihat opera Shang Xi Rui, Ia seolah-olah melihat kesempatan di mana Ia bisa mewujudkan obsesinya yang sudah terkubur itu dan membangkitkannya lagi lewat tangan orang lain, yaitu Shang Xi Rui.

Cheng Mei Xin Dan Fan Xiang Er

Saking terlampau bersemangatnya Cheng Feng Tai, Ia sampai setiap hari mampir ke Shui Yun Lou, hanya untuk menikmati opera. Jadi tak heran jika Fan Xiang Er, Istrinya itu cemburu dan sentimen terhadap orang-orang dari Shui Yun Lou.

Cheng Mei Xin Dan Fan Xiang Er

Shang Xi Rui sendiri menganggap Cheng Feng Tai sebagai seorang Bos, Beking pelindung, pendukung finansial, teman diskusi dan seorang Abang yang bisa dimintai nasihat dan sebagai teman curhat.

Cha Cha Er

Jadi adalah wajar jika keduanya saling menyayangi sebagai Bromance. Keduanya saling menghormati, saling menghargai, saling pengertian dan bahkan keduanya rela mengorbankan nyawanya demi kebahagiaan sahabatnya.

Sedang Syuting

Jadi kalau dulu Shang Xi Rui ditanya, lebih berat mana, nyawanya atau opera, maka dengan tanpa ragu Ia akan menjawab Opera. Akan tetapi setelah Ia mengenal Cheng Feng Tai, jika Ia ditanya lagi sekarang, lebih berat mana, opera atau Cheng Feng Tai, maka dengan tanpa ragu juga Ia pasti akan menjawab Cheng Feng Tai.

Winter Begonia

Oke, S-Mov rasa review-nya sudah cukup sampai di sini saja. S- Mov sudah menulis cukup panjang lebar tentang drama ini. Yang pasti, menurut S-Mov, This is a very unique and amazing drama !

Winter Begonia


Tontonlah sendiri, maka engkau akan tahu !

Sekilas Tentang Aktor Andrew Yin Zheng - 尹正 !

Aktor ini aktingnya benar-benar luar biasa... !

Sebagai Shang Xi Rui, Aktor Opera Peking di Drama WINTER BEGONIA - 鬓边不是海棠红.

Zaman dulu tak ada bioskop, jadi masyarakat China cuma bisa menyaksikan pertunjukan opera. Menonton opera ibaratnya menonton film. Masyarakat sangat suka menonton opera. Jadi tak heran jika pemain opera sangat diidolai pada zaman itu.

Tak gampang loh bermain di Opera China.

Andrew Yin Zheng

Mimiknya, gerak-geriknya, lenggak-lenggoknya, suaranya, nyanyiannya. Hanya yang berbakat bermain opera yang bisa melakukan semua itu dengan sempurna.

Tak tahu Aktor ini menyanyikan opera memakai suaranya sendiri atau bukan.

Yang jelas penampilannya sangat gemilang di sini.

Winter Begonia

Menyembunyikan talenta besar di balik wajahnya yang boyish. Sudah pernah bermain di beberapa drama sebagai Main Role dan Supporting Role...

Tapi Ia benar-benar melejit di drama ini.

Outstanding Performance By Andrew Yin Zheng (尹正) !

 

Note:

Sumber Foto: https://sogou.com


********

Cerita : ****

Pemain: ****

Parameter Review:

*****     : Hebat

****       : Bagus

***         : Menarik

**           : Biasa-biasa saja

*             : Jelek

 

Baca juga artikel-artikel menarik di bawah ini :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 


50 Aktris Televisi China Yang Paling Cepat Menanjak Saat Ini 

54 Aktor Televisi China Yang Paling Cepat Menanjak Saat Ini 

64 Aktor Idola Di Serial Televisi China Masa Kini

56 Aktris Idola Di Serial Televisi China Masa Kini

10 Aktris Tenar Yang Pantas Dijuluki Sebagai Ratu Serial Televisi China Masa Kini

10 Aktor Tenar Yang Pantas Dijuluki Sebagai Raja Serial Televisi China Masa Kini

Resensi Dan Review Serial Ode To Joy 1 & 2, Kisah Persahabatan Sejati 5 Gadis Di Lantai 22 Apartemen Kota Shanghai

Resensi Dan Review Serial Heaven Sword And Dragon Sabre 2019, Adaptasi Terbaru Cersil To Liong To Kisah Golok Pembunuh Naga

14 Judul Serial Silat Adaptasi Cersil Jin Yong Dan Gu Long Terbaru Yang Layak Ditonton

 

 


No comments:

Post a Comment