Search This Blog:

Select Language To Translate Articles Here:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Monday, September 9, 2019

Review Dan Resensi TV Series Heaven Sword And Dragon Sabre 2019 倚天屠龙记 Adaptasi Cerita Silat To Liong To Golok Pembunuh Naga Yang Ke-7

TV Series Heaven Sword And Dragon Sabre 2019 

Cersil To Liong To adalah salah satu cerita silat yang paling sering diadaptasi ke dalam layar kaca, dalam bentuk serial televisi.

Jika kita telusuri, To Liong To versi 2019 ini merupakan adaptasi yang ke-7 yang pernah dibuat serial televisinya.

Urutan adaptasinya dalam Serial TV. adalah sbb.:
  • Versi Hongkong dengan bintang Adam Cheng, Liza Wang dan Angie Chiu, produksi tahun 1978 – 25 episode.
  • Versi Hongkong dengan bintang Tony Leung, Kitty Lai dan Sheren Tang, produksi tahun 1986 – 40 episode.
  • Versi Taiwan dengan bintang Steve Ma Jing Tao, Cecilia Yip dan Kathy Chow, produksi tahun 1994 – 64 episode.
  •  Versi Hongkong dengan bintang Lawrence Ng, Charmaine Sheh dan Gigi Lai, produksi tahun 2001 – 42 episode.
  • Versi China, dengan bintang Alec Su, Alyssa Chia dan Gao Yuan Yuan, produksi tahun 2003 – 40 episode.
  • Versi China, dengan bintang Deng Chao, An Yi Xuan dan Liu Jing, produksi tahun 2010 – 40 episode.
  • Versi China, dengan bintang Joseph Zeng, Chen Yu Qi dan Zhu Xu Dan, produksi tahun 2019 – 50 episode.
TV Series Heaven Sword And Dragon Sabre 2019 

Dari ke-7 adaptasi ini, S-Mov (Smart Moviegoers) paling suka dengan adaptasi To Liong To yang ke-5, yaitu serial yang dibintangi oleh Alec Su. S-Mov suka dengan pemainnya, Alec Su dan Alyssa Chia adalah Raja dan Ratu TV. Taiwan yang lagi tenar-tenarnya di kala itu. Mereka adalah Bintang Taiwan yang diundang bermain film di China. Chemistry di antara keduanya juga cocok, mereka serasi sebagai Thio Bu Ki dan Tio Beng.

S-Mov paling tidak suka dengan adaptasi To Liong To yang ke-4, yaitu yang dibintangi oleh Lawrence Ng. Lawrence Ng keseringan bermain antagonis, dan Aktris lawan mainnya juga tidak ada yang menonjol dan kharismatik.

Tapi sekarang S-Mov tidak lagi membahas serial To Liong To versi jadul, melainkan versi terbaru tahun 2019 produksi China.

TV. Series Heaven Sword And Dragon Sabre 2019

To Liong To versi 2019 ini diproduksi oleh China Beijing Cathay Media Ltd., disutradarai oleh Jiang Jia Jun dan skenarionya ditulis oleh Guan Zhan Bo, berdasarkan adaptasi cerita silat karya Louis Cha alias Chin Yong dengan total episode sebanyak 50.

Pengambilan gambar serial ini dilakukan di Gunung Yan Dang, di Provinsi Zhe Jiang, lalu di Heng Dian, Yin Chuan dan Xin Jiang, semuanya berlokasi di China, mulai bulan Januari 2018 dan berakhir pada bulan Juni 2018. Serial ini mulai ditayangkan di China pada bulan Februari 2019.

Di Indonesia, kita bisa menyaksikannya di situs streaming dan Youtube dengan subtitle Indonesia dan Inggris. DVD-nya juga sudah bisa diperoleh di pasaran.

Baca juga: 
13 Judul Serial TV. Adaptasi Cerita Silat Chin Yung Dan Khu Lung Terbaru Yang Layak Ditonton

Garis besar ceritanya, tentu para penggemar cersil Jin Yong dan pemirsa sudah banyak yang tahu atau masih ingat.

10 episode awal akan mengisahkan riwayat Thio Cui San dan In So So, yaitu Ayah Bunda dari Thio Bu Ki (Zhang Wu Ji), di mana mereka terlibat dalam intrik perebutan Pusaka Golok Pembunuh Naga yang diincar oleh kaum persilatan, karena ada harta pusaka yang tersembunyi di dalam golok tersebut.

Peristiwa yang menimpa Yu Dai Yan, salah seorang murid utama dari Thio Sam Hong, Ketua Butongpai yang dicelakai orang jahat hingga lumpuh dalam perjalanan pulang ke Gunung Butong saat membawa Golok Pembunuh Naga.

Peristiwa Thio Cui San dan In So So disekap di Pulau oleh Cia Sun, Si Singa Emas, sampai keduanya menikah di Pulau dan melahirkan Thio Bu Ki.

Saat mereka kembali ke Tiongkok, kedua orang tua Thio Bu Ki terpaksa membunuh diri, demi melindungi keselamatan dari Cia Sun dan demi menyembunyikan keberadaan dari Golok Pembunuh Naga.

Setelah itu cerita akan berfokus pada diri Thio Bu Ki yang terlibat dalam beberapa peristiwa penting dalam hidupnya. Antara lain, perseteruan antara Cia Sun dan Seng Kun. Keterlibatannya dengan aliran Beng Kauw. Hubungan asmaranya dengan 4 orang gadis, termasuk Tio Beng, sang Putri Mongol dan Ciu Ci Jiak, seorang anak murid dari Partai E-Mei. Kemunculan dari Pedang Langit. Intrik Kerajaan Mongol untuk menguasai dunia persilatan. Dengan dilatar-belakangi oleh kisah sejarah tumbangnya Dinasti Yuan (Mongol) oleh Jendral Cu Goan Cang atau Zhu Yuan Zhang, pendiri Dinasti Ming.

Siapa pemeran utama dari To Liong To versi 2019 ini?

Pemeran utamanya kebanyakan adalah Aktor dan Aktris pendatang baru yang belum terlalu lama eksis di dalam dunia perfilman.

Thio Bu Ki atau Zhang Wu Ji diperankan oleh Joseph Zeng Shun Xi 曾舜晞. Joseph, Aktor berusia 21 tahun ini juga  seorang Penyanyi. Sebelum menjadi Aktor, Joseph adalah Penyanyi dalam Grup Band Fresh Geek pada tahun 2014.


Joseph Zeng Sebagai Thio Bu Ki Zhang Wu Ji

Joseph Zeng

Joseph debut di serial pertamanya, yaitu Happy Mitan pada tahun 2016. Ia mulai dikenal setelah bermain di serial Fighter Of The Destiny. Setelah itu Ia mulai mendapatkan beberapa peran utama di filmnya. Heaven Sword And Dragon Sabre 2019 adalah breakthrough performance bagi Joseph.

Tio Beng atau Zhao Min diperankan oleh Chen Yu Qi 陈钰琪 atau Yukee Chen. Aktris lulusan Sekolah Akting ini merupakan pendatang baru. Yukee mulai dikenal saat bermain di serial The Princess Wei Young dan berkat serial ini, Yukee mendapatkan penghargaan sebagai Aktris Pendatang Baru Terbaik. Serial selanjutnya yang Ia mainkan, Ashes Of Love, mendapat sambutan bagus saat ditayangkan. Popularitasnya semakin naik, ketika penampilannya di Heaven Sword And Dragon Sabre 2019 mendapatkan banyak pujian.

Chen Yu Qi Sebagai Tio Beng Zhao Min

Chen Yu Qi

Ciu Ci Jiak atau Zhou Zhi Ruo diperankan oleh Bambi Zhu Xu Dan 祝绪丹. Aktris lulusan sekolah akting ini juga seorang model iklan. Bambi mulai dikenal ketika bermain di serial Eternal Love yang hits pada tahun 2017. Pada tahun 2018, juga ada 2 serial dramanya yang sukses, yaitu Negotiator dan Sweet Dreams. Popularitas Bambi semakin meningkat setelah bermain sebagai Ciu Ci Jiak di serial To Liong To ini.

Zhu Xu Dan Sebagai Ciu Ci Jiak Zhou Zhi Ruo

Mie Jue Shi Tai, Ketua Partai E-Mei diperankan oleh Aktris Hongkong TVB, Kathy Chow atau Zhou Hai Mei 周海媚. Kathy Chow pernah memainkan karakter Ciu Ci Jiak di serial To Liong To versi Taiwan yang dibintangi oleh Steve Ma pada tahun 1994. Kali ini Ia berperan sebagai Guru dari Ciu Ci Jiak, Mie Jue Shi Tai.

Kathy Chow Sebagai Mie Jue Shi Tai 


Kathy Chow 

Seng Kun atau Cheng Kun diperankan oleh Louis Fan Shao Huang 樊少皇, Aktor Film dan Televisi kelahiran Hongkong yang sudah banyak bermain film, baik peran protagonis maupun antagonis. Sewaktu bermain di film IP Man, Louis memperoleh nominasi sebagai Aktor Pendukung Terbaik, tapi sayang Ia tidak menang.

Louis Fan Sebagai Seng Kun Cheng Kun

Louis Fan Shao Huang

Thio Cui Shan atau Zhang Cui Shan diperankan oleh Ethan Li Dong Xue 李东学. Ethan adalah Aktor yang terkenal dengan perannya sebagai Prince Yun Li dalam serial hits Empresses In The Palace 后宫甄嬛传.

Ethan Li Sebagai Thio Cui Shan Zhang Cui Shan

Ethan Li 

Pemain pendukung lainnya antara lain:

Kabby Hui sebagai Xiao Zhao.

Kabby Hui Sebagai Xiao Zhao 

Cao Xi Yue sebagai Yin Li/Zhu Er.

Cao Xi Yue sebagai Yin Li Zhu Er 

Zhang Yong Gang atau Hei Zi sebagai Cia Sun atau Xie Xun.

Zhang Yong Gang Atau Hei Zi Sebagai Kim Mo Sai Ong Cia Sun atau Xie Xun

Zhang Yong Gang Atau Hei Zi 

Chen Xin Yu sebagai In So So atau Yin Su Su.

Chen Xin Yu sebagai In So So atau Yin Su Su

Lin Shen sebagai Yang Xiao.

Lin Shen sebagai Yang Xiao 

Sun An Ke sebagai Yo Put Hui atau Yang Bu Hui.

Sun An Ke sebagai Yo Put Hui atau Yang Bu Hui 

Wang De Shun sebagai Thio Sam Hong atau Zhang Shan Feng.
Zong Feng Yan sebagai Fan Yao.
Zhang Chao Ren sebagai Song Qing Shu.

Zhang Chao Ren sebagai Song Qing Shu
 
Wu Jing Jing sebagai Ji Xiao Fu.

Wu Jing Jing Sebagai Ji Xiao Fu 

Secara keseluruhan, film ini sebenarnya tidak jelek. Karena To Liong To adalah cerita yang bagus dan menarik. Tapi mungkin ini soal selera saja. S-Mov tetap lebih menyukai yang versi Alec Su. Mungkin karena pemain utamanya banyak merupakan pendatang baru. Walaupun aktingnya lumayan, S-Mov merasa pemeran Tio Beng kurang cantik. Ia masih kalah cantik dan kalah kharisma dibandingkan dengan Alyssa Chia. Yang pemeran Ciu Ci Jiak juga biasa-biasa saja. Joseph Zeng, walaupun cukup ganteng, wajahnya terlalu imut dan manis, mirip gadis. Ini menurut S-Mov loh ya. Mungkin penilaian orang lain berbeda.

Opening Theme Song serial ini dinyanyikan oleh Wakin Chau 周华健 (Nama panggung Emil Zhou), lagunya berjudul 刀剑如梦 Dao Jian Ru Meng. Sebenarnya ini lagu jadul, tapi lumayan cocok menjadi theme song serial ini. Sedangkan, Ending Theme Song serial ini dinyanyikan oleh Hu Xia 胡夏, berjudul 何为永恒 He Wei Yong Heng.

Oke, bagi penggemar cersil dan film Jin Yong, jangan lewatkan serial ini.

Note:

Sumber Foto: https://sogou.com


********

Cerita : ****

Pemain: **

Parameter Review:

*****     : Hebat

****       : Bagus

***         : Menarik

**           : Biasa-biasa saja

*             : Jelek


Baca juga artikel-artikel menarik berikut ini:
 
 
 
 
 
 
 
 
 

No comments:

Post a Comment