Search This Blog:

Select Language To Translate Articles Here:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Thursday, October 31, 2019

Review Resensi Sinopsis Film Terminator Dark Fate Peperangan Antara Manusia Dengan Mesin Yang Tak Berkesudahan

Terminator Dark Fate

Franchise Film Terminator pertama kali digagas dan diciptakan oleh Sutradara dan Produser James Cameron pada tahun 1984. Film ini ternyata sukses secara fenomenal, berkat kecanggihan teknologi dan visual efek yang dipamerkan pada film tersebut. Penonton film takjub seakan tersihir dibuatnya. Padahal kalau dibandingkan dengan sekarang, parade visual efek tersebut tidak ada apa-apanya. Maklum, saat itu teknologi perfilman belumlah secanggih sekarang. Dulu belum ada ILM, CGI, Motion Capture, teknologi 3D, IMAX, dsb. Jadi sedikit spetakuler saja sudah heboh banget.

Kesuksesan franchise ini berlanjut terus dengan sekuel-sekuel yang dibuat susul menyusul sampai dengan sekarang. Terhitung sudah 35 tahun usia franchise ini dengan total 6 film yang sudah diproduksi dengan rincian sbb.:

No
Tahun
Judul
Sutradara
Bujet ($)
Box Office ($)
1
1984
The Terminator
James Cameron
   6.400.000
 78.475.971
2
1991
Terminator 2: Judgment Day
James Cameron
102.000.000
520.884.847
3
2003
Terminator 3: Rise Of The Machines
Jonathan Mostow
200.000.000
433.371.112
4
2009
Terminator Salvation
McG
200.000.000
371.353.001
5
2015
Terminator Genisys
Alan Taylor
155.000.000
440.603.537
6
2019
Terminator: Dark Fate
Tim Miller
185.000.000
261.119.292

Sebenarnya tema dari franchise ini sama saja, yaitu peperangan antara manusia dengan mesin. Dari semua filmnya ceritanya hanya itu. Pemainnya saja yang berubah dengan balutan spesial efek yang dibuat secanggih dan semenarik mungkin. Itu saja tidak lebih.
 

Franchise film inilah yang telah membesarkan nama Arnold Schwarzenegger menjadi bintang laga besar Hollywood. Hanya satu film Terminator yang tidak dimainkan oleh Arnold, yaitu di film yang keempat, Terminator Salvation. Saat itu Arnold masih menjadi Gubernur California dan vakum bermain film.

James Cameron sendiri cuma 2 kali terlibat sebagai Sutradara Franchise ini, selebihnya ditangani oleh Sutradara yang lain. Mungkin karena pendapatan box office yang mulai menurun semenjak film ketiga, maka James Cameron kembali turun tangan lagi dalam proses produksi. Kali ini Ia bertindak sebagai Produser mulai di film keenam ini. Diharapkan pendapatan dari film keenam ini bisa lebih bagus daripada film-film sebelumnya.
 

Selain Arnold Schwarzenegger, film ini kembali diramaikan oleh Linda Hamilton yang kembali sebagai Sarah Connor. Dengan bergabungnya kembali Linda, yang merupakan tokoh penting dalam franchise ini, diharapkan film akan lebih menarik para penggemar untuk menonton franchise ini.

Bahkan Cameron berencana membuat film Terminator ini  menjadi sebuah trilogi baru dengan menjadikan Terminator: Dark Fate sebagai trilogi pertama dari trilogi baru ini, dengan catatan apabila ternyata film ini kembali mendulang sukses.
 

Kisah dalam film Terminator: Dark Fate menyambung akhir cerita dari film Terminator 2: Judgment Day. Diceritakan bahwa Sarah Connor berhasil menyelamatkan umat manusia dari kemusnahan oleh mesin, tapi Sarah tidak bisa melindungi putranya sendiri, yaitu John Connor yang berhasil dibunuh oleh Terminator T-800. Semenjak kematian John, Sarah bertekad untuk melawan setiap Terminator yang dikirim untuk membinasakan umat manusia.

Kemudian Sarah Connor berjumpa dengan Daniella Dani Ramos, seorang gadis muda yang ditakdirkan akan menjadi generasi penerus John Connor sebagai Pemimpin Umat Manusia dalam perlawanannya terhadap Legion (Intelijen Artifisial) atau kaum mesin di masa depan. 
 

Untuk memusnahkan Dani, pihak mesin telah mengirimkan sesosok Terminator berkode Rev-9 untuk melacak dan mengejarnya. Tapi pihak manusia di masa depan juga tidak tinggal diam, dengan mengirimkan seorang Prajurit Super Wanita bernama Grace untuk melindungi Dani. Jadi di sini ceritanya mengandung unsur time travel atau lorong waktu.

Sarah Connor memutuskan untuk membantu Grace melindungi  Dani yang dianggapnya sebagai manifestasi dari John putranya. Mereka pun terlibat lari-kejar dengan Terminator Rev-9. Sampai akhirnya mereka bertemu dengan Terminator T-800 yang dahulu berhasil membunuh John Connor. Tapi T-800 yang sekarang bukanlah T-800 yang dulu lagi. T-800 yang sekarang sudah berhasil belajar menjadi manusia. T-800 yang sekarang sudah seperti manusia dan sudah hidup berkeluarga layaknya manusia di sebuah tempat yang aman. Bahkan T-800 sudah memiliki nama sendiri, yaitu Carl. Carl ingin menebus kesalahannya pada Sarah Connor karena telah membunuh John Connor, caranya dengan menyelamatkan Dani dari tangan Terminator Rev-9.
 
T-800 Melawan Rev-9

Mampukah mereka berempat membinasakan Rev-9 yang merupakan mesin pembunuh yang amat ganas?

Terminator: Dark Fate disutradarai oleh Tim Miller, Sutradara yang dikenal sebagai pembuat film Deadpool. Tim juga seorang Artis Visual Efek. Tim pernah meraih nominasi Academy Awards untuk Film Animasi Pendek Terbaik. 
 
Grace Dan Daniella Dani Ramos

Skenario ditulis oleh David Goyer, Justin Rhodes dan Billy Ray, berdasarkan cerita yang dibuat oleh James Cameron, Charles Eglee, Josh Friedman, David Goyer dan Justin Rhodes.

James Cameron dan David Ellison bertindak sebagai Produser Film ini di bawah bendera Paramount Pictures, Skydance Media, 20th Century Fox, Tencent Pictures dan Lightstorm Entertainment. Pendistribusian untuk wilayah Amerika ditangani oleh Paramount Pictures. Untuk wilayah China ditangani oleh Tencent Pictures, sedangkan untuk Internasional ditangani oleh Buena Vista International. Bujet produksi untuk film ini menghabiskan USD 185 juta.

Para Pemain dalam film ini antara lain:
 
Linda Hamilton Sbg Sarah Connor

Linda Hamilton sebagai Sarah Connor. Aktris berusia 63 tahun ini memang angkat nama lewat peran Sarah Connor dalam franchise Terminator. Linda pernah menjadi Suami Istri dengan James Cameron selama 2 tahun, yaitu pada tahun 1995 sd 1997. Setelah itu mereka bercerai. Dari pernikahan ini, mereka dikaruniai seorang anak.
 
Arnold Schwarzenegger Sbg T-800

Arnold Schwarzenegger sebagai T-800 atau Carl. Aktor berusia 72 tahun ini sebelum menjadi Aktor Laga dikenal sebagai mantan Binaragawan. Sepanjang karirnya sebagai Aktor, Ia dikenal sebagai Aktor Laga yang sukses. Film-filmnya yang terkenal antara lain, Franchise Terminator, Total Recall, True Lies, Franchise The Expendables, dsb. Ia mengundurkan diri sebagai Aktor dan masuk ke dunia politik dan berhasil menjadi Gubernur California selama 8 tahun, dari tahun 2003 sd 2011. Sehabis masa jabatannya, Ia come back kembali sebagai Aktor. Sampai sekarang Aktor ini masih produktif bermain film. 
 
Mackenzie Davis Sbg Grace

Mackenzie Davis sebagai Grace, sang Prajurit Super Wanita. Davis adalah Aktris kelahiran Kanada. Ia dikenal lewat serial Halt And Catch Fire.

Natalia Reyes sebagai Daniella Ramos. Natalia adalah Aktris kelahiran Colombia.
 
Gabriel Luna Sbg Rev-9

Gabriel Luna sebagai Rev-9. Gabriel adalah Aktor Amerika pemeran Ghost Rider di serial Marvel’s Agents Of S.H.I.E.L.D.

Diego Boneta sebagai Diego Ramos, Kakak dari Daniella. Diego adalah Aktor dan Penyanyi Meksiko.

Pengambilan gambar film ini berlangsung dari bulan Mei 2018 sampai dengan bulan November 2018, mengambil lokasi di Isleta Del Moro, Almeria, Spanyol, Budapest, Hongaria, perbatasan Meksiko-Amerika dan di Amerika.
 
T-800 Sedang Beraksi

Penampilan para pemainnya cukup baik. Pujian patut diberikan kepada Arnold dan Linda. Mereka ini sebenarnya sudah Opa dan Oma, mengingat usia mereka yang sudah 72 tahun dan 63 tahun. Akan tetapi penampilan Arnold masih berkelas, sedangkan Linda masih mampu tampil gahar. Sebelum shooting, mereka menjalani latihan fisik yang cukup keras dalam waktu yang cukup lama, agar mampu melakukan adegan aksi dengan sempurna. untuk pemain seusia mereka, ini merupakan perjuangan dan pengorbanan yang patut dipuji. 
 
Terminator Jahat Rev-9

Makenzie Davis juga mencuri perhatian. Penampilannya sebagai Super Soldier tangguh layak diacungi jempol. Dengan fisik setinggi 1.78 m, aksi individualnya sebagai Grace terlihat gesit dan keren. Adegan pertarungan yang Ia lakukan sangat cool.

Penampilan Natalia Reyes dan Gabriel Luna juga tidak mengecewakan. Semuanya tampil prima.

Spesial efek juga bagus dan cukup keren. Sepertinya performa film ini meningkat kembali berkat campur tangan dari sang Produser, yaitu James Cameron. 
 
Sarah Connor Sedang Beraksi

Situs Rotten Tomatoes memberikan rating sebesar 70% untuk film ini. Review positif diberikan untuk penampilan dari para pemainnya, seperti Arnold, Linda, Mackenzie dan Natalia. Bahkan ada yang menyebut Linda Hamilton lah yang menyelamatkan franchise ini.

After all, walaupun ceritanya sudah agak membosankan, tapi film ini masih lumayan menghibur. Bagi para penggemar franchise Terminator, jangan sampai melewatkan film ini !
 
Note:
 
Sumber Foto: https://sogou.com


**********


Review : ***


Parameter Review:

*****     : Hebat
****       : Bagus
***         : Menarik
**           : Biasa-biasa saja
*             : Jelek








No comments:

Post a Comment