Search This Blog:

Select Language To Translate Articles Here:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Thursday, October 10, 2019

Review Resensi Sinopsis Film A Shaun The Sheep Movie Farmageddon Domba Dan Alien VS Men In Black

 
Para penggemar film animasi, tentu sudah mengenal film animasi dengan tokoh utama seekor domba cilik bernama Shaun ini. Film animasi ini merupakan produksi dari studio animasi Inggris bernama Aardman Animations.

Jangan menganggap remeh studio dari Inggris ini. Kiprah studio ini sudah mendunia. Film-film animasi buatan studio ini mampu bersaing dengan studio animasi dari Hollywood, bahkan beberapa buah film animasi hasil produksi dari studio ini mampu memenangkan film animasi terbaik dalam kancah perebutan piala Academy Awards di Amerika. 
 
A Shaun The Sheep Movie Farmageddon
 
Film animasi yang paling terkenal dari studio ini adalah Serial Shaun The Sheep, yaitu kisah petualangan domba-domba dari peternakan Mossy Bottom Farm. Shaun The Sheep adalah serial animasi spin-off dari Serial Wallace & Gromit.  Shaun The Sheep dibuatkan serial animasinya tersendiri, karena karakter-karakter domba dari Mossy Bottom Farm ini digemari oleh banyak pemirsa, karena tingkah polah mereka yang lucu-lucu.

Serial ini pertama kali mengudara pada tahun 2007 di stasiun televisi BBC Inggris, dan sampai sekarang masih terus diproduksi.  Hingga kini sudah dibuat sampai 150 episode pendek yang masing-masing berdurasi 7 menit. Serial ini sudah disiarkan oleh 180 negara di seluruh dunia. Versi film layar lebar dari animasi ini baru ada 2, yaitu film Shaun The Sheep Movie pada tahun 2015 dan A Shaun The Sheep Movie: Farmageddon yang release pada tahun 2019 ini.
 

Karakteristik dari film animasi ini adalah minim dialog. Penggambaran karakter-karakternya lebih ditekankan pada gerak-gerik, tingkah-polah dan sesekali ditimpali dengan ucapan-ucapan pendek dari para tokoh utamanya. Cuma menonton gerak-gerik dan tingkah-pola dari domba-domba ini saja sudah sangat lucu. Jadi tanpa banyak dialog pun sudah cukup bagi para penonton untuk memahami ceritanya.

Karakter domba-dombanya dibuat dengan sangat variatif. Ada yang cerdik, banyak akal, dungu, nakal, sembrono, rakus, pemalas, dsb. Inilah yang membuat film animasi ini menjadi menarik. Para penonton tidak akan dibuat menjadi bosan. Ada juga beberapa karakter tambahan sebagai pendukung dari cerita yang kadangkala juga cukup lucu, turut mewarnai dan meramaikan kisah dari para domba ini.
 

Bahkan menurut S-Mov, karakter para domba dari peternakan Mossy Bottom Farm ini tidak kalah lucu lho dibandingkan dengan karakter dari para Minion dari Illuminations Studios yang ikonik itu.

Mari kita mengenal sedikit para tokoh utama dari Mossy Bottom Farm ini:

Shaun:
Ini domba cilik yang menjadi tokoh sentral dari serial animasi  ini. Domba ini bertubuh kecil dan kurus. Ia cerdik dan banyak akal. Domba ini sering dijadikan pemimpin oleh para domba di peternakan.
 

Shirley:
Ini domba yang bertubuh paling besar dan gendut. Saking gendutnya, kadang-kadang tubuhnya sering tergencet di dalam lubang dan untuk mengeluarkannya, para domba harus menariknya keras-keras. Domba ini senang makan dan sifatnya agak sembrono. Tapi Ia bisa galak juga saat melindungi para domba dari ancaman.

Timmy:
Ini domba yang paling kecil. Ia merupakan keponakan dari Shaun. Domba ini nakal dan senang keluyuran ke mana-mana. Jadi Ia harus sering diawasi dan dijaga dengan ketat. Tapi tetap saja Ia sering lolos juga.
 

Ibu Timmy:
Ini domba Ibu dari Timmy. Ibu Domba ini agak pemalas, kadang-kadang Ia sembrono dan lalai menjagai anaknya.

Nuts:
Ini domba yang eksentrik. Ia mempunyai mata dan hidung yang unik. Domba ini patuh dan penurut serta sering membantu Shaun.
 
Hazel:
Ini domba penakut yang sering cemas begitu mendengar suara-suara dari luar peternakan.

Bitzer:
Ini anjing penjaga di peternakan. Ia sangat loyal pada majikannya. Ia sangat disiplin terhadap para domba. Tapi kadang-kadang Ia gampang dikibulin juga oleh para domba. Ia berteman dengan Shaun dan selalu siap sedia menolong para domba dari kesulitan dan mara bahaya.
 

Petani:
Si majikan dari peternakan Mossy Bottom Farm. Orangnya botak, berkacamata, galak dan suka marah-marah. Bitzer lah yang paling sering Ia omeli. Walau begitu, Ia tetap dicintai oleh anjing dan para dombanya.

Kawanan domba:
Mereka ini domba-domba di peternakan. Domba-domba ini agak dungu tapi penurut, gampang disuruh-suruh, gampang dikerahkan. Pokoknya kaum penggembira.

Kawanan Babi:
Merupakan babi-babi nakal yang suka mengganggu para domba. Senang mengacau dan suka membuat keributan. Tapi mereka semua takut sama Bitzer.

Pidsley:
Kucing oranye dari Si Petani. Kucing ini suka mencari perhatian dari majikannya. Ia ingin berkuasa di peternakan. Ia suka iri hati dan memusuhi para domba. Tapi Ia takut sama Bitzer. 
 

Lalu Film A Shaun The Sheep Movie: Farmageddon menceritakan tentang apa?

Kisahnya tentang kedatangan seorang Alien bernama Lu-La yang menyasar di peternakan Mossy Bottom Farm. Dasar para domba, bukannya takut, mereka malah mengambil kesempatan untuk pergi berpetualang dengan Lu-La. Ternyata Lu-La lagi dikejar-kejar dan mau ditangkap oleh sebuah organisasi yang rada-rada mirip dengan Men In Black. Jadi Shaun dan teman-temannya berinisiatif mengantar Lu-La kembali ke planetnya, agar di bumi tidak terjadi Farmageddon.

Film ini sepertinya terinspirasi dengan Men In Black, jadi petualangan para domba dibuat menjadi seperti film fantasi. Ada-ada saja, tetapi boleh juga ide ini. Jadi biar penonton tidak bosan cerita tentang di peternakan terus. Tetap lucu sih, melihat tingkah polah dari Shaun cs.

Film ini disutradarai oleh Will Becher dan Richard Phelan. Diproduseri oleh Paul Kewley dan skenarionya ditulis oleh Mark Burton dan Jon Brown, berdasarkan cerita yang dibuat oleh Richard Starzak. Film diproduksi oleh Aardman Animations dengan Distributor, Studio Canal dan Lionsgate.
 


Para Pengisi Suaranya antara lain:

Justin Fletcher sebagai Shaun dan Timmy. Justin adalah Aktor Televisi Inggris, Komedian dan Presenter.

John Sparkes sebagai Bitzer dan Petani. John adalah Aktor, Komedian dan Voice Actor dari Welsh.

Amalia Vitale sebagai Lu-La dan Me-Ma.

Kate Harbour sebagai Ibu Timmy dan Agent Red. Kate adalah Voice Actress dari Inggris.

David Holt sebagai Mugg-1N5. David adalah Aktor, Penulis Skenario dan Voice Actor dari Inggris.

Richard Webber sebagai Shirley dan Ub-Do.
 

Emma Tate sebagai Hazel. Emma adalah Voice Actress dari Inggris.

Andy Nyman sebagai Nuts. Andy adalah Aktor, Penulis dan Sutradara dari Inggris.

Simon Greenall sebagai Si Kembar Domba. Simon adalah Aktor, Penulis, Produser dan Voice Actor dari Inggris.

Film berdurasi hampir satu setengah jam ini baru akan ditayangkan di Inggris pada bulan Oktober 2019 dan di Amerika akan tayang pada bulan Desember 2019.

Bagi penggemar Shaun The Sheep, jangan ketinggalan menyaksikan film ini, ya !
 
Update terbaru:
 
Film ini mendapatkan nominasi untuk 'Film Animasi Terbaik' dalam ajang piala Academy Awards ke-93 tahun 2021, walaupun tak berhasil menang karena dikalahkan oleh film animasi Disney Pixar, yaitu Soul.
 
Note:
 
Sumber Foto: https://sogou.com 
 
 
********
  

Review : ***

Parameter Review:

*****     : Hebat

****       : Bagus

***         : Menarik

**           : Biasa-biasa saja

*             : Jelek



No comments:

Post a Comment