Search This Blog:

Select Language To Translate Articles Here:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Friday, December 20, 2019

Review Resensi Sinopsis Film Star Wars The Rise Of Skywalker Akhir Dari Saga Perang Galaksi

Star Wars The Rise Of Skywalker

Akhirnya selesai sudah perjuangan para Ksatria Jedi di film terakhir saga perang galaksi di episode 9 franchise Star Wars ini yang berjudul Star Wars:The Rise Of Skywalker.

Sudah 42 tahun usia franchise ini. Dimulai sejak tahun 1977 sampai dengan 2019. Selama kurun waktu itu, 9 episode sudah dibuat plus 2 judul film Spin Off-nya. Total 11 judul film layar lebar, belum termasuk film dan serial televisinya. Di luar itu masih ada video games, buku komik, merchandise produk, novel, theme park area dan berbagai atraksi pertunjukan lainnya. Sebuah mahakarya dan prestasi besar yang terlahir dari buah imajinasi dan kreativitas yang menakjubkan dari insan perfilman Hollywood. Banyak sudah penghargaan dan award yang diperoleh, banyak juga Aktor-Aktris yang terangkat namanya berkat saga ini, banyak pula pundi-pundi dolar yang berhasil didulang. Merupakan franchise merchandise film yang paling sukses di dunia versi Guinness Book Of Record.  
 
Bagi yang ingin menonton film ini secara berurutan, apabila disusun menurut urutan ceritanya, maka franchise film ini adalah sbb.:

No
Tahun
Judul
Sutradara
Bujet ($)
Box Office ($)
1
1999
Episode 1: The Phantom Menace
George Lucas
115.000.000
1.027.082.707
2
2002
Episode 2: Attack Of The Clones
George Lucas
115.000.000
  649.436.358
3
2005
Episode 3: Revenge Of The Sith
George Lucas
113.000.000
  850.035.635
4
2018
Solo: A Star Wars Story
Ron Howard
275.000.000
  392.924.807
5
1977
Episode 4: A New Hope
George Lucas
 11.000.000
  775.512.064
6
2016
Rogue One: A Star Wars Story
Gareth Edwards
200.000.000
1.056.057.273
7
1980
Episode 5: The Empire Strikes Back
Irvin Kershner
18.000.000
  547.879.454
8
1983
Episode 6: Return Of The Jedi
Richard Marquand
32.500.000
  475.347.111
9
2015
Episode 7: The Force Awakens
J.J. Abrams
245.000.000
2.068.223.624
10
2017
Episode 8: The Last Jedi
Rian Johnson
317.000.000
1.332.539.889
11
2019
Episode 9: The Rise Of Skywalker
J.J. Abrams
275.000.000
1.074.148.486

Inti cerita dari saga Star Wars ini adalah tentang pemerintahan Republik Galaktika yang demokratis berhasil digulingkan oleh Senator Palpatine, Penguasa Sith (Darth Sidious) yang kemudian mendirikan Kekaisaran Galaktika dan mengangkat dirinya sebagai Kaisar. Para Penguasa Sith merebut kekuasaan dengan mengandalkan kekuatan gelap untuk melakukan agresi. 
 

Para Pasukan Penjaga Perdamaian Republik Lama, yaitu yang disebut dengan Ksatria Jedi melakukan perlawanan dan pemberontakan untuk mengembalikan kekuasaan Republik Lama yang demokratis.

Usaha mereka berhasil dengan kematian sang Kaisar kegelapan. Ksatria Jedi memproklamirkan berdirinya Republik Baru. Akan tetapi sisa-sisa pendukung kekaisaran membangun kekuatan baru yang menyebut dirinya The First Order dan melakukan perlawanan.

Peperangan pun terus berlangsung. Kalah menang silih berganti. Sudah banyak Ksatria Jedi yang menjadi Pahlawan, Master Yoda, Qui-Gon Jinn, Obi-Wan Kenobi, Luke Skywalker, Hans Solo, Leia Organa dan terakhir Rey, Ksatria Jedi wanita.
 

Di dalam kisah film Star Wars: The Rise Of Skywalker, peperangan antara The First Order yang di-back-up oleh kuasa gelap Dark Sidious (Palpatine) melawan The Resistance kaum Republik yang di-back-up oleh Ksatria Jedi dan Pilot-Pilot kawakan dari The Resistance dan eks Stormtrooper akan mencapai klimaksnya dan akhir yang menentukan. Pihak mana yang akan memenangkan perang antar galaksi ini? Sebagai penentu kemenangan, nantinya Ksatria Jedi terakhir, Rey akan berhadapan dengan Dark Sidious, Palpatine di akhir cerita.

Star Wars: The Rise Of Skywalker disutradarai oleh J.J. Abrams. Merupakan kali kedua Abrams dipercayai untuk menyutradarai saga ini. Abrams adalah Sutradara Amerika yang sukses lewat franchise film Star Trek, franchise film Mission Impossible dan Super 8. Abrams juga merupakan produser dari franchise film horor terkenal Cloverfield.
 

Bukan hanya sebagai Sutradara saja, Abrams juga merangkap sebagai Penulis Skenario dari film ini bersama Chris Terrio serta sebagai Produser bersama dengan Kathleen Kennedy dan Michelle Rejwan di bawah bendera Bad Robot Productions (Rumah Produksi milik J.J. Abrams) dan Lucasfilm Ltd. Sedangkan pendistribusian dilakukan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures. Bujet produksi yang dikeluarkan berkisar antara USD 250 – 300 juta.

Pengambilan gambar film ini berlangsung sejak bulan Agustus 2018 dan berakhir pada bulan Februari 2019, mengambil lokasi di Pinewood Studios, Buckinghamshire, Inggris dan Wadi Rum, Yordania.
 

Para Pemain di film ini, antara lain:
 
Daisy Ridley Sbg Rey

Daisy Ridley sebagai Rey, Ksatria Jedi terakhir, pewaris Luke Skywalker dan Leia Organa. Daisy adalah Aktris Inggris yang angkat nama lewat franchise film Star Wars. Filmnya yang sukses lainnya adalah Murder On The Orient Express.

John Boyega sebagai Finn, Pilot mantan Stormtrooper yang berbalik membela The Resistance. Boyega adalah Aktor Inggris yang angkat nama lewat franchise film Star Wars. Film Boyega yang sukses lainnya adalah Pacific Rim: Uprising.

Oscar Isaac sebagai Poe Dameron, Pilot kawakan dari The Resistance. Isaac adalah Aktor Amerika yang dikenal lewat film Inside Llewyn Davis dan Ex Machina. 
 
Adam Driver Sbg Kylo Ren

Adam Driver sebagai Ben Solo/Kylo Ren, Pemimpin dari The First Order, anak dari Hans Solo dan Leia Organa. Adam adalah Aktor Amerika yang dikenal lewat serial Girls.

Carrie Fisher sebagai Leia Organa. Pemimpin The Resistance. Carrie Fisher adalah Aktris Amerika yang angkat nama lewat peran Putri Leia Organa di franchise Star Wars. Sebenarnya Fisher sudah meninggal dunia pada tahun 2016. Perannya di film ini merupakan hasil rekayasa digital dan spesial efek yang berasal dari footage yang tidak di-release, saat dirinya berperan di Star Wars: The Force Awakens dan Star Wars: The Last Jedi.

Mark Hamill Sbg Luke Skywalker
 
Mark Hamill sebagai Luke Skywalker, Ksatria Jedi Saudara Kembar dari Leia Organa. Mark adalah Aktor Amerika yang angkat nama lewat peran Luke Skywalker di franchise film Star Wars.

Ian McDiarmid sebagai Palpatine/Darth Sidious, Dark Lord dari Kaum Sith, pendiri kekaisaran galaktika. Ian adalah Aktor dan Sutradara Film dan Teater yang dikenal sebagai Emperor Palpatine di franchise Star Wars.
 
Anthony Daniels sebagai Robot C-3PO, android milik The Resistance. Daniels adalah Aktor Inggris satu-satunya yang berperan di semua franchise film Star Wars.

Joonas Suotamo sebagai Chewbacca, makhluk dari Planet Kashyyyk, teman dari Han Solo. Joonas adalah Aktor Finlandia yang dikenal lewat peran Chewbacca di franchise film Star Wars.

Domhnall Gleeson sebagai Jendral Hux, Pemimpin kedua The First Order. Gleeson adalah Aktor Irlandia yang dikenal lewat franchise Star Wars, Ex Machina dan Harry Potter Series.

Richard E. Grant sebagai Jendral Pryde, Perwira Tinggi di First Order. Richard adalah Aktor dari Inggris.
 

Billy Dee Williams sebagai Lando Carlrissian, Pemimpin kaum pemberontak, sekutu dari The Resistance. Williams adalah Aktor Amerika yang dikenal lewat peran Lando Carlrissian di franchise Star Wars.

Lupita Nyong’o sebagai Maz Kanata, Mantan Pembajak Luar Angkasa, sekutu dari The Resistance. Lupita adalah Aktris Kenya-Meksiko yang dikenal sebagai Pemenang Aktris Pendukung Terbaik di ajang Academy Awards lewat film 12 Years A Slave. Film Lupita lainnya yang sukses adalah Us dan Black Panther.

Kelly Mary Tran sebagai Rose Tico, Mekanik di The Resistance, rekan dari Finn. Kelly adalah Aktris Amerika yang mulai dikenal sejak bermain di franchise Star Wars.

Keri Russel sebagai Zorri Bliss, seorang kriminal, teman lama dari Poe. Keri adalah Aktris Amerika yang dikenal lewat serial Felicity.

Situs Rotten Tomatoes memberi rating sebesar 57% untuk film  ini, dengan review positif untuk spesial efek dan review negatif untuk skenario dan Story-telling, yang dianggap terlalu banyak karakter dan tempat yang bisa membingungkan para penonton.

Finn Dan Zorri Bliss

Saat menonton Star Wars episode 1 – 7, S-mov masih merasa film ini adalah saga epik yang layak untuk ditunggu-tunggu. Saat itu franchise film ini terasa begitu besar dan spetakuler, merupakan saga blockbuster yang Must Watch. Tapi entah kenapa saat menonton episode 8 – 9, kesan itu sudah tidak ada lagi alias lenyap. Rasanya saga ini tidak lagi luar biasa, sama seperti film-film blockbuster lainnya. Kesan istimewa sudah tidak ada lagi.

Karena film-film yang sekelas dengan franchise ini sudah banyak. Efek visualnya juga sudah tidak terasa istimewa. Kita sudah banyak menonton yang sejenis ini. Karakter-karakter baru yang menjadi pemeran utama juga tidak sekharismatik karakter-karakter lama. Nama-nama mereka pun gampang terlupakan, tidak seperti misalnya Skywalker dan Han Solo yang begitu ikonik. 
 
Rey, \\Finn Dan Poe

Ceritanya juga sudah tahu dan familiar serta mulai terasa membosankan. Contoh paling nyata adalah di film Spin Off-nya tentang Han Solo Muda, yaitu di film Solo: A Star Wars Story yang ternyata gagal mendulang banyak dolar dan merupakan film Star Wars yang paling buruk pendapatannya. Ini membuktikan bahwa saga Star Wars bukan saga yang makjleb  lagi. Penonton sudah mulai bosan.

Sudah ceritanya monoton, di-Spin Off lagi karakter-karakter utamanya, seperti Han Solo dan Luke Skywalker. Dibuat lagi cerita baru tentang Han Solo sewaktu muda. Dengar-dengar Luke Skywalker pun ada rencana dibuatkan spin off-nya. Buat apa lagi? Sekarang saja penonton sudah mulai bosan. Sudah bagus saga Star Wars ditamatkan sampai episode 9 saja, sudah cukup 11 film. Tak usah lagi dibuatkan sequel-nya atau Spin Off-nya, apalagi cerita tentang Han Solo dan Skywalker muda, gak perlu ! Ini agar franchise film Star Wars mutunya tetap abadi dan tetap bertahan sebagai franchise film blockbuster tentang perang galaksi yang paling memorable dalam sejarah perfilman. Jangan ikut-ikutan latah untuk membuat lagi kelanjutannya.
 
Robot-Robot Yang Lucu Di Film Ini

Spesial efek dan sinematografi film ini bagus. Ada beberapa scene adegan yang keren, salah satunya adalah aksi slow-motion Rey berjumpalitan ke belakang sembari menebas pesawat Kylo Ren sampai terbelah dengan lightsaber.

Salah satu kekurangan dari film ber-sequel panjang seperti ini adalah, cerita bersambung yang sudah dilupakan oleh penonton. Bagaimana penonton masih bisa mengingat cerita di episode-episode sebelumnya untuk menyambung ke cerita di film ini? Sulit ! Karena sudah 2 tahun berlalu, juga karena ceritanya yang terlalu panjang. Penonton juga capek, jika harus disuruh membongkar kembali ingatan lama. Penonton kan menonton untuk hiburan, mana mau pusing memikirkan cerita sebelumnya. Makanya, saat menonton ada sebagian besar penonton pasti akan bingung dengan ceritanya. Jadi kalau lupa, penonton tinggal menonton keseruannya saja, tidak penting lagi dengan ceritanya. Bagi yang ingin menikmati jalan ceritanya, terpaksa mereka harus menonton ulang film-film sebelumnya.
 
Rey Dengan Lightsaber-nya

Walaupun begitu, J.J. Abrams masih cukup berhasil membuat sebuah tontonan menarik tentang perang antariksa yang indah dan menakjubkan. Abrams memang ahli dalam film-film bergenre jenis ini. Film ini juga lumayan seru untuk ditonton.

Untuk akting tidak ada yang istimewa, semua pemainnya berakting standar-standar saja. Memang film seperti ini tak banyak butuh eksplorasi akting yang serius, karena unsur hiburan yang lebih diutamakan.
 
Star Wars The Rise Of Skywalker

Alur cerita sepertinya agak dipaksakan agar bisa ditamatkan kisahnya di dalam film ini. Seperti di sinetron Indonesia saja, gampang membangun konflik di awal cerita, gampang pula kalau mau ditamatkan. Tokohnya langsung bisa dibikin mati setiap saat dengan penyelesaian yang mudah dan alasan yang seadanya. Sebaliknya, kalau mau dipanjang-panjangkan juga bisa, gampang semudah itu dibuat.

S-Mov merasa film ini tidaklah istimewa. Sekedar film hiburan di akhir tahun saja. Paling tidak film ini sudah menyelesaikan tugasnya sebagai film pamungkas dari sebuah saga perang galaksi yang sukses.

So, Para Star Wars Mania, you must watch this finale one, OK !
 
Note:
 
Sumber Foto: https://sogou.com
 
 
*********


Review : ***


Parameter Review:

*****     : Hebat
****       : Bagus
***         : Menarik
**           : Biasa-biasa saja
*             : Jelek





No comments:

Post a Comment